spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Yayasan Sosial dan Pendidikan di Balikpapan Terbakar

BALIKPAPAN – Musibah kebakaran terjadi di Kota Balikpapan pada Selasa (7/2/2023) sekitar pukul 10.30 Wita. Kali ini terjadi di RT 22 Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan Utara dan api membakar sebuah Yayasan Sosial dan Pendidikan.

Pengawas putra di Yayasan Taajul Waqor, Muhammad Faqih mengatakan, api tiba-tiba muncul dari bangunan atas di bagian plafon. Karena bangunan terbuat dari kayu, api dengan cepat membesar dan merambat. “Di dapur nggak ada ngapa-ngapain. Tadi itu apinya terlihat dari plafon bangunan yang atas,” ujarnya.

Setelah api membesar, ia pun meminta kepada murid putra untuk keluar dari kamar masing-masing. “Alhamdulillah semua yang putra selamat. Yang putri juga tadi kata pengawasnya selamat semua,” jelasnya.

Muhammad Faqih menyatakan di dalam yayasan tersebut terdapat 45 orang termasuk pengasuh, pengajar dan murid putra putri.

Dibutuhkan waktu sekitar 35 menit bagi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan untuk memadamkan api.

“Kita awalnya kerahkan 2 unit milik UPT Utara, karena asap semakin tebal dan api membesar seluruh UPT kami kerahkan. Jadi total ada 16 unit,” ujar Usman Ali, Kabid Kedaruratan dan Kebencanaan BPBD Kota Balikpapan.

Baca Juga:   BPBD Balikpapan Evakuasi Warga Terjebak Material Longsor

Dari hasil pendataan BPBD Kota Balikpapan setelah pendinginan, bangunan yang terbakar hanya satu komplek yayasan saja. Dan tidak ada menyebar ke rumah warga sekitarnya. “Ini satu kompleks saja ya, cuma di atas ini ada 2 pintu, dan di bawah itu ada 4 pintu,” jelasnya. (Bom)

BACA JUGA