spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Longsor di TPU GSU Longsor di Area Makam Gunung Guntur, Petugas Temukan Tulang Belulang dan Jenazah Tersangkut

BALIKPAPAN – Hujan deras yang menguyur Kota Balikpapan sejak Selasa (14/3) malam hingga Rabu (15/4/2023) pagi mengakibatkan longsor di sejumlah titik. Tak terkecuali terjadi di salah satu Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslim Gunung Sari Ulu, Balikpapan Tengah.

Longsor mengakibatkan sejumlah makam terdampak, bahkan petugas sempat menemukan dua tengkorak di dalam material longsoran. Selain itu, ada juga tubuh jenazah yang dalam posisi tersangkut longsoran.

Pengawas TPU GSU Muslim Gunung Guntur Adam mengatakan, setidaknya 5 makam sampai 7 makam terdampak longsor yang diperkirakan terjadi Selasa (14/3) malam hingga pagi.

“Ada lima atau tujuh makam yang terdampak. Untuk dua tengkorak yang ditemukan oleh petugas saat ini sudah dipindahkan ke tempat lain yang lebih aman,” ujarnya.

Sementara untuk jenazah yang kondisinya tersangkut di longsoran, Adam mengaku akan berkoordinasi untuk penanganannya. Apalagi, kondisi jenazah memang tepat berada di lokasi yang rawan longsor susulan.

“Nanti kita koordinasi dengan keluarganya pemilik makam, memang kondisinya ada di tepi situ,” jelasnya.

Baca Juga:   Asyik Berenang di Kawasan Jembatan Manggar Sari, Bocah 13 Tahun Tenggelam

Adam menambahkan, kejadian ini juga sudah dilaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup. Untuk penanganan sementara, petugas pemakaman memasang siring dari balok ulin yang ada di pemakaman. “Nanti kami juga akan memasang terpal agar longsor tak semakin besar,” tambah Adam.

Longsor di Pemakaman Muslim Gunung Guntur tersebut, kata Adam terjadi pada titik siring yang usianya sudah nyaris 10 tahun. “Idealnya memang sudah saatnya diganti,” tutupnya. (Bom)

BACA JUGA