spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Teras Rumah Warga Longsor, Timpa Bangunan di Bawahnya

BALIKPAPAN – Hujan deras yang mengguyur Kota Balikpapan sejak Selasa (14/3) malam hingga Rabu (15/3/2023) pagi menyebabkan terjadinya musibah banjir, tanah longsor dan pohon tumbang di sejumlah kawasan.

Untuk tanah longsor, salah satunya terjadi di RT 26 Kelurahan Sumberejo, Balikpapan Tengah. Di mana teras warga longsor dan menimpa rumah warga lainnya yang berada di bawahnya.

“Sekitar jam 12.30 Wita sudah ada tanda-tanda mau longsor, jadi kita minta yang warga yang tinggal di bawah waspada,” ujar Ketua RT 26 Kelurahan Sumberejo, Wage Santoso di lokasi kejadian.

Longsor yang menyebabkan material tumpah hingga ke bangunan rumah bagian belakang terjadi sekitar pukul 04.30 WITA dini hari saat kondisi hujan deras.

“Nah longsor parahnya pas subuh tadi. Tahu-tahu langsung nimpa bagian dapur sama kamar belakang,” jelasnya.

Mengantisipasi longsor susulan, warga pun bergotong royong membersihkan sisa material. Lokasi longsoran sementara akan ditutupi terpal.

“Ya kita tutup dulu sementara, karena masih hujan ini. Nanti pelan-pelan kita bangun siring,” tambah Wage Santoso.

Baca Juga:   Asap Tebal di Lantai 7 Hotel Whiz Prime Balikpapan Bikin Panik, Pengunjung Nekat Keluar Jendela, 10 Orang Sesak Nafas

Sementara itu pemilik rumah terdampak longsor, Wahyu menjelaskan saat kejadian dirinya sudah mengevakuasi keluarganya ke rumah bagian depan, untuk menghindari hal-hal yang tak di inginkan.

“Malam itu pas sudah gerak saya minta nggak ada yang ke belakang. Karena kita kan takut juga, mana hujannya deres kan,” ujarnya.

Ditanya kerugian, ia tidak bisa merincikannya. Namun terpenting keluarganya bisa selamat dari kejadian tanah longsor tersebut.  “Kalau jutaan rupiah ada kali mas, yang penting itu anak istri selamat,” tutupnya. (bom)

BACA JUGA