spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tanam Bibit Pohon Mangrove, Dit Polairud Libatkan Pelajar SD

BALIKPAPAN – Direktorat Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda Kaltim mengajak pelajar Sekolah Dasar Negeri (SDN) 013 Balikpapan Timur untuk menanam bibit pohon mangrove di Kawasan Pantai Lamaru, Minggu (5/2/2023).

Dir Polairud Polda Kaltim, Kombes Pol Donny Adityawarman mengatakan, puluhan pelajar tersebut menanam bibit pohon mangrove ke lahan yang telah disediakan. Dengan semangat tinggi para siswa SDN ini terjun ke lokasi penanaman saat air laut sedang surut.

“Tujuannya untuk menjaga agar bibit mangrove tak tersapu ombak saat air laut pasang. Ini mengajarkan anak-anak mencintai lingkungan,” ujarnya.

Lebih lanjut Donny menjelaskan, satu demi satu bibit pohon mangrove tersebut ditanam dan diikatkan ke potongan bambu yang sudah ditancapkan sebelumnya.

“Pelibatan pelajar dalam kegiatan penanaman bibit mangrove tersebut merupakan bagian dari upaya membangun kesadaran masyarakat untuk mendukung pelestarian kawasan mangrove,” jelasnya.

Dengan melaksanakan penanaman bibit mangrove ini diharapkan dapat membangun kesadaran kolektif masyarakat, dimulai dari kegiatan penanaman.

“Ini murni karena kecintaan alam laut kita. Kita ingin mengedukasi siswa, mulai dari proses pembibitan, penanaman hingga pemeliharaan, agar mereka mencintai lingkungannya,” tambah Dir Polairud Polda Kaltim.

Baca Juga:   Truk Ringsek, Sopir Molen Laka Lantas Muara Rapak Luka Parah

Donny menegaskan, pentingnya penanaman mangrove dalam upaya mitigasi bencana dan adaptasi terhadap dampak perubahan iklim.

“Hutan mangrove di kawasan pesisir bisa menjadi sabuk hijau yang melindungi daratan dari terjangan gelombang tinggi dan angin laut serta abrasi,” tutupnya. (Bom)

BACA JUGA