spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Penghasilan Retribusi Pantai Manggar Balikpapan Tertinggi di Kaltim

BALIKPAPAN – Objek wisata pantai Manggar Segara Sari yang terletak di kawasan Balikpapan Timur, menjadi objek pariwisata dengan pendapatan asli daerah (PAD) sektor pariwisata tertinggi di Kalimantan Timur.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kaltim, Herwiansyah mengatakan, di Kaltim penerimaan retribusi terbesar sektor pariwisata ada pada Pantai Manggar.

“Hanya saja saya nggak tak hapal jumlah penerimaan retribusi Pantai Manggar Balikpapan dalam setahun. Namun, dalam laporannya, Pantai Manggar ini yang tertinggi pendapatannya,” ujarnya, Minggu (12/3/2023) saat menghadiri kegiatan di Pantai Manggar.

Lebih lanjut Herwiansyah menjelaskan, Balikpapan, Samboja-Kutai Kertanegara, Penajam Paser Utara (PPU), Ibu Kota Nusantara (IKN), hingga Paser masuk pengembangan dua untuk sektor pariwisata yang lebih mengandalkan pesisir.

Objek wisata pantai Manggar Segara Sari menjadi PAD pariwisata tertinggi di Kaltim.

“Obyek wisatanya bagus, yang pertama dia mengandalkan pesisir, perkembangannya pesat, makanya saya ketinggalan. Banyak yang belum saya datangi semua,” jelasnya.

Khusus di Pantai Manggar Baikpapan, Herwiansyah menaruh perhatian lebih lantaran objek wisatanya mudah di akses, banyak fasilitas penunjang. Sehingga lebih mudah untuk dikunjungi dan menjadi obyek wisata yang cukup ramai dikunjungi di Kaltim.

Baca Juga:   Kabar Anggota TNI AD Tewas di Tambang Emas Ilegal Bulungan, Begini Tanggapan Kodam VI Mulawarman

“Yang saya tahu mengapa pantai Manggar tertinggi untuk se-Kaltim. Dia (Pemerintah Kota Balikpapan) konsentrasi di Manggar ini di bagusin. Memang harus terus dikembangkan fasilitasnya,” tambahnya.

Dengan akses dan fasilitas lengkap, maka sangat wajar pantai Manggar sering di jadikan lokasi kegiatan kepariwisataan, baik skala lokal maupun nasional. “Disini lengkap dan sudah bagus, makanya kalau ada acara besar, ya nasional seperti yang lalu Sandeq itu sangat wajar di gelar di sini,” tutupnya.

Sehingga dengan hal yang ada di pantai Manggar ini sangat wajar jika PAD menjadi yang tertinggi di Kaltim dalam kategiri objek wisata. (Bom)

BACA JUGA