spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Komisi II DPRD Balikpapan Sidak Kebutuhan Pangan di Pasar Pandansari

BALIKPAPAN – Komisi II DPRD Balikpapan mengambil tindakan cepat untuk memastikan ketersediaan bahan pokok di pasar tradisional di Kota Balikpapan dengan menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar Pandansari, Kelurahan Margasari, Balikpapan Barat pada Senin (27/3/2023).

Dalam sidak tersebut, Ketua Komisi II, Suwanto beserta anggota lainnya mengunjungi beberapa lapak penjual kebutuhan pokok, termasuk penjual sembako dan ikan.

“Kami melakukan ini untuk memastikan stok aman,” ujar Suwanto.

Lebih lanjut, Suwanto menjelaskan bahwa harga beberapa komoditas seperti bawang putih, beras, ikan segar, dan cabai memang mengalami kenaikan. Namun, kenaikan tersebut masih dalam batas wajar mengingat Kota Balikpapan bukanlah daerah penghasil komoditas pangan.

“Karena banyak bahan pangan didatangkan dari luar, maka pasti akan ada kenaikan harga yang disesuaikan dengan kondisi pasar,” jelasnya.

Komisi II DPRD Balikpapan saat melakukan sidak ke pasar Pandansari, Balikpapan Barat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan Balikpapan, Haemusri Umar, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi terkait kebutuhan pangan.

Kenaikan harga juga disebabkan oleh faktor cuaca yang mengakibatkan ombak cukup tinggi. Sekitar 80 persen bahan pangan di Kota Minyak berasal dari luar Kalimantan dan mayoritas diantaranya berasal dari Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

Baca Juga:   Akhir Tahun 2022 Renovasi Gedung DPRD Balikpapan Selesai

“Kami akan terus memantau harga bahan pokok dan menjaga ketersediaan stok di pasar tradisional,” tambahnya. (ADV/DPRD Balikpapan/Bom)

BACA JUGA