spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

HUT ke-62 Pramuka Kaltim, Ardiansyah: Diharapkan Makin Berkembang, Maju dan Jaya

BALIKPAPAN – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Praja Muda Karana (Pramuka) yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Kalimantan Timur (Kaltim) di Lapangan Gedung BSCC Jalan Ruhui Rahayu, Senin (28/08/2023) pagi.

Hadir mendampingi Bupati Ardiansyah yakni Plt Asisten Administrasi Umum Didi Herdiansyah, Ketua Kwarcab Pramuka Kutim Asti Mazar dan Sekretaris Kwarcab Irma Yuwinda.

Upacara dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Pramuka Kaltim Isran Noor dan dihadiri oleh beberapa kepala daerah se-Kaltim, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Kaltim.

Dalam sambutan tertulisnya, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Ketua Komjen Pol (Purn) Budi Waseso yang dibacakan oleh Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan bahwa Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengusung tema besar pada Hari Pramuka ke-62 tahun 2023 yaitu “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional”.

“Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati sumber daya manusia kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan,” ucapnya.

Baca Juga:   Geger, Warga Irlandia Ditemukan Gantung Diri di Balikpapan, Begini Kronologinya

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta Tanah Air dan semangat bela negara.

“Terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan Kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” tambahnya.

Ia berharap kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan kualitas gugus depan yang berada di wilayah masing-masing.

“Untuk itulah kita perlu mengucapkan banyak terima kasih kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa karena atas nikmat dan berkah-Nya, Gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program- program pemerintahan serta menangani pendidikan non formal dalam pembentukan karakter,” ucapnya.

Terakhir, ia berpesan kepada para Ketua, Wakil Ketua, dan anggota Majelis Pembimbing di semua tingkatan, agar kiranya terus dapat memberikan bimbingan serta bantuan baik secara moril maupun materil dalam rangka memajukan Gerakan Pramuka.

“Terima kasih kepada para orangtua yang telah mempercayakan anak-anakya untuk dididik dalam Gerakan Pramuka, serta masyarakat luas yang selalu mendukung pendidikan Gerakan Pramuka yang kita cintai bersama,” ucapnya.

Baca Juga:   Kebakaran di Jalan Milono, Tiga Rumah Hangus

Ditemui setelah mengikuti upacara, Bupati Ardiansyah mengucapkan selamat kepada Pramuka Indonesia yang pada 14 Agustus 2023 lalu genap berusia 62 tahun. Namun karena beberapa pertimbangan dan persiapan HUT ke-78 RI, maka peringatan HUT Pramuka di Kaltim baru dilaksanakan hari ini.

“Selamat HUT ke-62 Pramuka tahun 2023. Maju dan jayalah Pramuka Indonesia,” ucap orang nomor satu Kutim tersebut.

Terakhir, ia  berharap bersama Mabida dan Mabicab, Ketua Kwarda dan Ketua Kwarcab di Kaltim, Pramuka di daerah semakin berkembang, maju dan jaya. (rkt)

Penulis : Irfan Aditama
Editor : Nicha Ratnasari

BACA JUGA