spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DPRD Balikpapan Bakal Punya Program Dialog dengan Warga

BALIKPAPAN – Dalam menjalankan fungsi pengawasan, mendekatkan diri dan melayani diri kepada masyarakat DPRD Kota Balikpapan berencana membentuk program kegiatan baru di tahun 2023 yakni Dialog dengan Warga.

Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan, Budiono mengatakan, kegiatan yang difasilitasi Sekretariat DPRD Kota Balikpapan ini akan dilaksanakan 3 kali selama tahun 2023. “Jadi program ini sudah disetujui. Sudah kami masukkan juga anggarannnya,” ujarnya Selasa (31/1/2023).

Lebih lanjut Budiono menjelaskan, program ini akan dimulai pada bulan Maret tahun ini. Pada Dialog dengan Warga itu boleh dilakukan satu anggota dewan atau gabungan per-komisi. Serta dalam sekali kegiatan maksimal boleh mengumpulkan 80 warga.

“Dialog dengan Warga itu, satu anggota dewan atau per-komisi hanya boleh mengumpulkan maksimal 80 orang saja. Dan ini dilaksanakan atas komisi, makanya boleh sendiri atau gabung per-komisi untuk bertemu dengan masyarakat,” jelasnya.

Budiono menambahkan, program baru ini akan dilaksanakan di 34 kelurahan, bukan di dapil masing-masing anggota DPRD Balikpapan.

Menurutnya, hal ini berbeda dengan kegiatan reses yang sering dilakukan sebelumnya, di mana reses untuk menjaring aspirasi pembahasan pembangunan guna dijadikan pokok pikiran (pokir).

Baca Juga:   Afriansyah Siap Emban Amanah Baru Sebagai Sekretaris DPRD Kota Balikpapan

Sementara Dialog dengan Warga ini sejatinya berbincang bersama masyarakat sebagai fungsi pengawasan bersama komisi dan mitra kerjanya masing-masing.

“Jadi sesuai komisi, misalnya saya sebagai koordinator Komisi IV bermitra dengan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, berarti dialog kami membahas seputaran komisi kami saja. Apa saja keluhan atau kendala di masyarakat,” tambahnya.

Ditegaskan Budiono, untuk program baru tersebut tidak akan ada atribut partai, mengingat sebentar lagi akan memasuki tahun Pemilu dan Pilkada. (Bom)

BACA JUGA