spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Buaya Muara yang Resahkan Warga Pandan Wangi Berhasil Ditangkap

BALIKPAPAN – Warga RT 27 Kelurahan Margasari, Balikpapan Barat nampaknya bisa sedikit bernafas lega. Hal ini setelah seekor buaya muara dengan panjang sekitar 1 meter berhasil ditangkap warga bersama petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan wilayah Baru Tengah, pada Kamis (13/7/2023) sekitar pukul 17.30 WITA.

Salah seorang personel BPBD Kota Balikpapan unit Baru Tengah, Slamet Sugianto mengatakan, penangkapan ini saat salah seorang warga menemukan hewan pemakan daging tersebut berada di permukiman warga.

“Jadi kita usai dapat laporan dari warga itu langsung ke TKP untuk mengevakuasi buaya muara tersebut,” ujarnya.

Dijelaskan Slamet Sugianto, jika buaya tersebut dalam beberapa minggu lalu, sering muncul di perairan Kota Balikpapan, khususnya di wilayah Pandan Wangi, Kelurahan Margasari.

“Buaya ini sangat membahayakan warga. Buaya ini beberapa minggu kemarin sudah menampakkan diri di perairan Pandan Wangi ini,” jelasnya.

Selanjutnya buaya muara yang masih agresif tersebut dibawa petugas ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk mendapat tindak lanjutnya.

Baca Juga:   Tak Berizin, Sejumlah Lapak Angkringan Dibongkar Petugas

“Kita belum tau mau di apakan buaya ini. Yang pasti kita serahkan dulu ke BKSDA,” tambahnya.

Sementara itu meski telah ditangkapnya buaya yang muncul di pemukiman warga, petugas BPBD Kota Balikpapan tetap meminta warga sekitar untuk waspada dan segera melaporkan jika menemukan hewan yang berbahaya. (bom)

BACA JUGA