spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bandara Pendukung IKN, Bandara SAMS Sepinggan Akan Latiham PKD Skala Besar

BALIKPAPAN – PT Angkasa Pura I cabang Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan akan menggelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ke-111 pada tanggal 24 Agustsus 2023 mendatang.

Kegiatan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ini nantinya akan terbagi menjadi 3 latihan yaitu Aircraft Accident Exercise, Security Exercise dan Fire Building Exercise dihari yang sama.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Ahmad Syaugi Shahab mengatakan, bahwa Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat di Bandara SAMS Sepinggan akan dilaksanakan dalam skala besar dan melibatkan banyak instansi terkait salah satunya kegiatan Aircraft Accident Exercise.

“Saat latihan tersebut akan ada pemberitahuan kepada pengguna jasa, bahwa ada latihan berlangsung. Kami menghimbau kepada masyarakat jangan khawatir dan panik dengan adanya latihan ini,” ujarnya, Minggu (20/8/2023).

Lebih lanjut Ahmad Syaugi Shahab menjelaskan, nantinya juga akan ada latihan penanggulangan demonstrasi dan teroris di mall area kedatangan serta latihan penanggulangan kebakaran di lantai 3 di barat loby keberangkatan.

“Latihan lenanggulangan keadaan darurat ini melatih kesiapan Bandara SAMS Sepinggan sebagai Bandara pendukung Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam koordinasi, komunikasi dan komando dengan berbagai instasi terkait untuk selalu siap dalam menghadapi kondisi darurat di Bandar Udara, baik secara sumber daya manusia maupun fasilitas,” jelasnya.

Baca Juga:   Patroli Aksi Kebut-kebutan, Satlantas Balikpapan Tertibkan Knalpot Racing

Dalam latihan penanggulangan keadaan darurat kali ini melibatkan sedikitnya 650 personil gabungan dari PT Angkasa Pura I, TNI Angkatan Udara Dhomber , Otoritas Bandara Wilayah VII, Basarnas Kota Balikpapan, Brimob Polda Kaltim, Polres Balikpapan, Polsek Kawasan Bandara,  Koramil 0905/03 Balikpapan,  Perum LPPNPI Cabang Balikpapan, dan Rumah sakit setempat. (Bom)

BACA JUGA