spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wujudkan Forest City di IKN, Polda Kaltim bersama Bhayangkari Daerah Kaltim Tanam Bibit Pohon Endemik

BALIKPAPAN – Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto menghadiri acara penanaman bibit pohon endemik di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (28/7/2023).

Kegiatan ini merupakan wujud kontribusi Bhayangkari daerah Kaltim dalam mendukung terwujudnya zona rimba IKN, dalam rangka merayakan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-71.

Dalam suasana yang penuh semangat, Kapolda didampingi istri selaku Ketua Bhayangkari Daerah Kalimantan Timur, serta beberapa pejabat utama Polda Kaltim tiba di lokasi acara penanaman pohon bibit endemik.

Irjen Pol Imam Sugianto mengatakan, pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem alam di kawasan IKN. “Penanaman pohon bibit endemik ini bertujuan untuk melestarikan keanekaragaman hayati, memperkuat ekosistem, serta mengurangi dampak negatif perubahan iklim,” ujarnya.


Kapolda Kaltim, Irjen Pol Imam Sugianto saat menghadiri giat penanaman bibit pohon endemik di kawasan IKN.

Lebih lanjut Kapolda menjelaskan, dengan kegiatan ini juga sebagai komitmen Polda Kaltim dan Bhayangkari Kaltim untuk mendukung program pemerintah dalam menjaga kelestarian alam.

“Kegiatan ini dapat menginspirasi dan mengajak masyarakat untuk turut serta aktif dalam pelestarian lingkungan di sekitar IKN,” jelasnya.

Kapolda Kaltim juga menyampaikan bahwa upaya pelestarian lingkungan harus dilakukan bersama-sama, termasuk melibatkan berbagai pihak, baik pemerintah, instansi terkait, dan masyarakat.

Baca Juga:   2 Rumah di Balikpapan Hangus Terbakar Subuh Tadi

“Kegiatan penanaman bibit pohon endemic di kawasan IKN ini juga menjadi bagian dari rangkaian perayaan HKGB ke-71 yang diperingati dengan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat bagi masyarakat,” tambahnya.

Dalam kurun waktu singkat, puluhan bibit pohon endemic berhasil ditanam di lokasi yang telah ditentukan. Kapolda berharap bahwa pohon-pohon ini akan tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi ekosistem sekitar IKN.

“Melalui aksi nyata seperti penanaman bibit pohon endemik, diharapkan semakin banyak pihak yang terinspirasi untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan pelestarian lingkungan dan menjaga keberlanjutan sumber daya alam demi mewujudkan Forest City IKN,” tutup Kapolda¬†Kaltim.¬†(bom)

BACA JUGA