spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wilayah IKN Luasnya 5 Kali Jakarta, Badan Otorita Prioritas Bangun Infrastruktur

BALIKPAPAN – Luas wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang ditetapkan lima kali lebih besar dari Jakarta. Sebagian Wilayahnya termasuk Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai kertanegara (Kukar).

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN, Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi saat menghadiri Pembukaan Gerbang Pariwisata dalam rangka HUT Kota Balikpapan ke-126 di Ewalk BSB, Sabtu (5/3/2023). “Dari 256.142 hektare daratan dan 68 ribu hektar itu laut , IKN ini luasnya lima kali Jakarta,” ujarnya.

Lebih lanjut Thomas menjelaskan, tentu untuk jumlah penduduk saat ini, masih belum padat. Bahkan jka dibandingkan hanya sekitar 25 persen dari jumlah penduduk Kota Balikpapan yang menjadi teras dan gerbang IKN.

“Dengan hari ini kondisi posisi penduduk yang ada di dalam IKN itu 240-an ribu. Otomatis itu menjadi tanggungjawab kami, bagaimana peningkatan SDM dan lain sebagainya mengacu pada wilayah perencanaan,” jelasnya.

Menurut Thomas, saat ini pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas. Karena sesuai target Presiden RI, Joko Widodo tahun depan sudah mulai melakukan aktifitasnya di IKN Nusantara.

Baca Juga:   Cegah Tindak Kejahatan hingga Balap Liar, Polresta Balikpapan Gelar Blue Light Patrol

Bahkan Presiden Jokowi juga menargetkan akan melangsungkan upacara 17 Agustus 2023 dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-79 akan dipusatkan di IKN Nusantara, sehingga pembangunan kini terus digenjot.  “Otorita IKN pada saat ini fokus pada pembanguan infrastruktur,” tambahnya.

Disamping itu Thomas menegaskan, akan ada program dikembangkannya ekowisata, industri perikanan untuk memaksimalkan potensi daerah. Namun, harus dibarengi dengan kesiapan SDM.

“Misalnya kita bicara Samboja kita akan kembangkan ekowisata di situ, industri perikanan, itulah yang akan kami kawal. Bagaimana penyiapan SDM untuk menjawab potensi lokalnya,” tutupnya. (Bom)

BACA JUGA