spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Waspada! Pencurian Modus Pecah Kaca Kembali Terjadi di Balikpapan

BALIKPAPAN – Tindak kejahatan saat ini tidak mengenal waktu dan situasi, begitu ada kesempatan pelaku pun beraksi. Hal ini seperti yang terjadi di kawasan Indrakila, Balikpapan Utara pada Kamis (27/7/2023) sore kemarin. Hal ini terlihat dari tangkapan rekaman CCTV toko Pet Shop di kawasan tersebut.

Korban adalah Janes (33). Janes mengatakan, kejadian itu terjadi saat ia baru saja menukar uang di salah satu bank di Jalan Soekarno  Hatta, KM 5, Balikpapan Utara.

Siang itu, ia pergi ke bank di kawasan   Balikpapan Utara untuk menukar uang logam pecahan Rp 500 dan Rp 1.000 rupiah dengan mengemudikan mobil miliknya. Setelahnya, ia pun pulang ke toko Pet Shop miliknya.

“Pas sampai di rumah, saya dengar ada teriakan maling-maling. Ternyata suara itu dari ibu penjual di seberang toko saya,” ujarnya Jumat (28/7/2023).

Janes pun memeriksa mobilnya yang saat itu telah dalam keadaan rusak. Di mana saat itu kaca mobil pada bagian belakang kemudinya pecah. Di dekat mobilnya, Janes juga menemukan sisa busi bekas yang diduga digunakan pelaku untuk memecahkan kaca mobilnya.

Baca Juga:   Bulog Kaltim-Ra Siap Datangkan 6 Kontainer Minyakita

Namun, saat itu Janes masih menemukan uang yang ditukarnya di bank dalam keadaan utuh. Janes menduga karena uang itu berbentuk logam, para pelaku tak jadi mengambilnya.

“Uang koinnya banyak, Rp 1,4 juta. Jadi  mungkin karena uang koin pelaku gak jadi membawanya,” jelasnya.

Dari rekamaan CCTV yang berada di lokasi kejadian, para pelaku pecah kaca itu berjumlah dua orang. Saat beraksi, satu pelaku turun dari sepeda motor sementara pelaku lainnya menunggu di sepeda motornya.

Salah satu pelaku yang mengenakan batik abu-abu mula-mula mendekat ke sela-sela mobil. Kemudian pelaku terlihat mengeluarkan satu buah kunci diduga kunci T dan merusak gagang pintu mobil.

Tak berhasil menggunakan kunci T, pelaku pun mengeluarkan sebuah benda dari mulutnya (busi). Kemudian pelaku melemparkannya kekaca mobil, hingga kaca itu pecah.

“Dari rekaman itu, satu pelaku sempat masuk ke dalam mobil tapi langsung keluar nggak bawa apa-apa,” tambahnya.

Saat keluar dari dalam mobil, pelaku langsung melarikan diri dengan rekannya yang telah menunggu di sepeda motor. Aksi kedua pelaku sempat terlihat oleh warga, namun saat akan dilakukan pengejaran pelaku sudah jauh.

Baca Juga:   Urai Kemacetan di Jalan MT Haryono yang Ditutup, Berikut Daftar Sekolah yang Belajar Daring

Kasus percobaan pencurian dengan modus pecah kaca itu kini telah dalam penanganan pihak kepolisian. Janes telah melaporkan kejadian itu ke Polsek Balikpapan Utara. (bom)

BACA JUGA