spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wali Kota Balikpapan Lepas Kontingen KORMI ke Ajang Fornas di Bandung

BALIKPAPAN  – Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud melepas rombongan kontingen Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Balikpapan ke Bandung, Jawa Barat untuk mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Tingkat Nasional (Fornas) VII, Minggu (25/6/2023).

Rahmad Mas’ud mengatakan, bahwa karakter warga Kota Balikpapan itu kuat. Yaitu kreatif dan agamis. Kreatif dalam konteks apapun bidang dan profesi, maupun jenis olahraga apapun yang ditekuni, bisa berkolaborasi dan memberikan inovasi agar bermanfaat bagi masyarakat.

“Kemudian agamis, bahwa Kota Balikpapan sangat majemuk. Baik dari segi suku, budaya, dan agama. Dan sampai dengan sekarang, daerah yang aman di republik ini adalah Kota Balikpapan,” ujarnya.

Untuk itu ia meminta kepada seluruh rombongan untuk tetap dapat menjaga semangat itu, menjaga persatuan bersama, tidak perlu memandang latar belakang bersama.

“Di tengah proses pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kota Balikpapan menjadi simbol Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kita harus menjaga persatuan di manapun,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan pelepasan kontingen KORMI asal Kota Balikpapan ini, Rahmad berharap seluruh peserta KORMI bisa mengangkat nama baik Kalimantan Timur (Kaltim) pada umumnya dan Kota Balikpapan pada khususnya.

Baca Juga:   Liga 2 Dihentikan, Persiba Balikpapan Kecewa

“Jaga nama baik Kota Balikpapan. Jaga kesehatan kita semua. Dan tentunya anak-anakku sekalian teruslah berprestasi. Juara itu bukan yang utama, tapi bagaimana kita bisa berekreasi dalam diri kita, mengangkat jati diri kita, artinya timbul dari dalam diri kita terkhusus di bidang olahraga ini. Karena olahraga bukan hanya tugas untuk menjadi juara tapi untuk kesehatan kita semua,” tambahnya.

Sementara itu Ketua KORMI Kota Balikpapan, Ali Munsjir Halim mengatakan, di dalam masa kepemimpinan periode keduanya sebagai Ketua KORMI, jumlah Induk Organisasi Olahraga (Inorga) yang terdaftar di Balikpapan berjumlah 29, pada periode pertama kepemimpinannya hanya ada 11 Inorga.

“Di Nasional yang masuk di dalam KORMI itu 84 Inorga. Kemudian di Kalimantan Timur, baru 53 Inorga dan di Balikpapan ada 29. Mudah-mudahan dari tahun ke tahun bergabung olahraga masyarakat ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Ali Munsjir menjelaskan, terkait dengan FORNAS VII di Jawa Barat, sesuai keputusan di Palembang, dibuka pada tanggal 3 Juli 2023 dan di tutup 8 Juli 2023.

Baca Juga:   Balikpapan Shorinji Kempo Festival 2023, Tarik Minat Atlet Baru untuk DBON

“Untuk Balikpapan ada 302 pegiat yang terdiri dari 255 pegiat yang ditanggung oleh KORMI Kaltim, kemudian 13 yang ditanggung KORMI Kota Balikpapan, termasuk di dalamnya nanti ada official dan panitia, kemudian 39 yang mandiri,” jelasnya.

Seperti diketahui, tim akan dibagi dua, yang pertama tim pendahulu yang berangkat tanggal 2 Juli 2023 dan kembali pada tanggal 5 Juli 2023. Tim kedua akan berangkat pada 4 Juli 2023 dan kembali 8 Juli 2023. (bom)

BACA JUGA