spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tiga Buruh Kapal CPO Tewas di Balikpapan, Diduga Kehabisan Oksigen

BALIKPAPAN – Kecelakaan kerja terjadi di Kota Balikpapan, Minggu (22/1/2023) sekitar pukil 17.20 WITA di salah satu kapal di dermaga pelabuhan Kampung Baru, Balikpapan Barat.

Dari kejadian tersebut 3 pekerja pembersih palka kapal MT Nurhasanah V meninggal dunia akibat kehabisan oksigen. Adapun identitas ketiga korban di antaranya Arif, La Uzi, dan Langkole.

Personel Basarnas Balikpapan, Dwi Adi mengatakan awalnya korban berjumlah 5 orang, namun dua orang berhasil keluar dengan selamat. “Ada 3 orang yang terjebak di dalam tadi dengan kondisi MD (meninggal dunia),” ujarnya.

Petugas melakukan evakuasi menggunakan tabung oksigen dan juga melakukan sterilisasi udara menggunakan blower dari BPBD Kota Balikpapan. Satu persatu jenasah korban diangkat menggunakan crane dari ruangan yang berada di kedalaman 7 meter dari dek atas kapal.

“Berada di kedalaman 7 meter dari atas kapal dan kita menggunakan SCBA dan pembuatan seat harness improvisasi,” jelasnya.

Sementara itu penyebab pasti tewasnya ketiga korban masih dalam proses penyelidikan kepolisian. Namun kuat dugaan lantaran kehabisan oksigen saat berada di dalam ruangan tersebut. Informasi yang diperoleh, para korban diketahui tengah melakukan proses pembersihan di bagian palka kargo kapal.

Baca Juga:   Karantina Pertanian 24 Jam Awasi Pemasukan Produk Pertanian Jelang Idul Fitri 1444 H

Kapal diketahui merupakan jenis kapal pengangkut CPO. Petugas evakuasi harus menggunakan tabung oksigen dan juga melakukan sterilisasi udara menggunakan blower dari BPBD Kota Balikpapan. “Kondisi di dalam minyak bercampur air dan juga hawa panas sekali,” tutupnya.

Selanjutnya, ketiga korban usai dievakuasi langsung dilarikan menuju RS Bhayangkara Balikpapan. (Bom)

BACA JUGA