spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Temukan Dompet dan Kembalikan ke Pemiliknya, Polisi Lalulintas Diganjar Penghargaan

BALIKPAPAN – Seorang personel kepolisian dari Satlantas Polresta Balikpapan bernama Aiptu Mujianto, dalam beberapa hari terakhir viral di media sosial khususnya di Kota Balikpapan.

Hal ini lantaran dirinya yang telah menemukan sebuah dompet milik warga dan kemudian langsung mengenbalikannya kepada sang pemilik tanpa kekurangan satu apapun isi dari dompet tersebut.

Atas perbuatannya tersebut, Aiptu Mujianto pun menerima penghargaan dari Ditlantas Polda Kaltim, Selasa (18/4/2023).

Pemberian penghargaan tersebut lantaran Mujianto dianggap mencerminkan selayaknya Polri dalam bertugas, yakni kejujuran.

Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Sonny Irawan mengatakan, bahwa penghargaan tersebut diberikan langsung kepada Mujianto berupa piagam penghargaan dan dukungan operasional.

“Hal tersebut lantaran saat bertugas, Mujianto menemukan sebuah dompet berisikan uang jutaan rupiah serta dokumen penting di tengah jalan,” ujar Kombes Pol Sonny Irawan.

Lebih lanjut Dirlantas menjelaskan, namun Mujianto tidak mengambil kesempatan dengan menyimpannya untuk diri sendiri. Melainkan mengamankannya di Pos Terminal BP serta mem-viralkannya ke berbagai WhatsApp grup.

“Alhamdulillah si pemilik datang mengambil dan isi dokumen data-data daripada dompet tersebut masih utuh. Tidak ada yang hilang,” jelas Sonny usai memberi penghargaan.

Baca Juga:   Gerhana Matahari Hybrid Akan Terjadi, Awas Jangan Lihat Langsung!

Awalnya pun Sonny tidak lantas terkesima. Dirinya sempat memastikan kebenaran informasi itu melalui Kasatlantas Polresta Balikpapan maupun kepada pemilik dompet langsung. Demi memastikan bahwa informasi tersebut bukan semata direkayasa.

“Dan ternyata benar. Karena itu benar, maka kami dari jajaran Ditlantas, pejabat utama bersepakat untuk memberikan penghargaan dalam bentuk piagam penghargaan dan juga berupa sedikit dukungan bagi Pak Mujianto,” tambahnya.

Dirlantas Polda Kaltim ini berharap, pemberian penghargaan ini kemudian dapat menjadi motivasi bagi personel lainnya untuk mengedepankan kejujuran dalam bertugas.

“Harapannya itu menjadi contoh teladan bagi personel lainnya untuk selalu berbuat baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya. (Bom)

BACA JUGA