spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tanda Dimulainya Pemilu 2024, KPU Balikpapan Gelar Kirab

BALIKPAPAN – Sebanyak 18 bendera partai politik yang akan menjadi peserta di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 dilakukan kirab oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan pada Senin (1/5/2023).

Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha mengatakan, kirab bendera ini dimulai dari Kalimantan Utara kemudian menuju Kabupaten Paser dan diserahkan ke KPU Kota Balikpapan.

“Menerima kirab bendera dari KPU Kabupaten Paser. Dimana kirab ini dimulai dari Kaltara,” ujarnya.

Lebih lanjut, Noor Thoha menjelaskan, setelah sampai di Kota Balikpapan, KPU Kota Balikpapan akan melaksanakan berbagai kegiatan sosialisasi tentang Pemilu 2024 di enam kecamatan di Kota Balikpapan. Setelah itu, kirab bendera akan dikirim ke Surabaya menggunakan kapal laut dan akan berakhir di Jakarta.

“Nanti sampai di Jakarta. Dimulai tanggal 14 Februari 2023 dan diharapkan selesai di Jakarta bulan Februari 2024,” jelasnya.

Dengan adanya kirab bendera peserta Pemilu 2024, menandakan KPU Kota Balikpapan telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa Pemilu telah dimulai.

“Kirab ini menandakan bahwa tahapannya sudah dimulai,” tambahnya.

Baca Juga:   Putra Daerah Balikpapan Gandeng UMKM dan Sediakan Lapak Ramadan

Noor Thoha juga mengatakan bahwa kirab bendera ini harus dikirim ke seluruh kota di Indonesia untuk mendukung tema yang diusung oleh KPU RI yaitu Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa.

“Jadi maksudnya adalah untuk menyatukan seluruh bangsa Indonesia melalui Pemilu ini,” ujar Thoha.

Selama kirab bendera peserta Pemilu mengelilingi enam kecamatan di Kota Balikpapan hingga 6 Mei 2023 nanti, KPU Kota Balikpapan akan mendatangi tempat keramaian untuk melakukan sosialisasi.

“Besok kami akan mulai keliling setiap kecamatan. Kami akan mendatangi setiap keramaian dan menyampaikan berbagai informasi tentang kepemiluan kemudian bagi souvenir, brosur dan kebutuhan sosialisasi tentang pemilu,” tutupnya. (Bom)

BACA JUGA