spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tanah Longsor, Rumah Warga di Prapatan Roboh

BALIKPAPAN – Pasca hujan deras yang melanda Kota Balikpapan pada Senin lalu, rupanya masih menimbulkan dampak hingga Rabu (24/5/2023). Di mana tanah longsor terjadi di kawasan RT 27 Kelurahan Prapatan, Balikpapan Kota, dan mengakibatkan sebuah rumah mengalami rubuh ke jurang sedalam kurang lebih 30 meter.

Pemilik rumah, Sukardi, mengatakan, saat kejadian ia tengah berada di teras rumah. Sukardi memang sudah khawatir dengan kondisi rumahnya di bagian dapur yang telah beberapa kali mengalami longsor.

Baru beberapa menit membicarakan kondisi rumahnya itu, Sukardi mendengar jeritan histeris istrinya dari dapur, dan saat diperiksa rupanya rumah Sukardi sudah ambruk.

“Saya langsung menarik istri saya saat itu, kejadiannya sekitar jam 19.30 WITA,” ujar Sukardi, Rabu (24/5/2023) Pagi.

Lebih lanjut, Sukardi menjelaskan, tidak hanya bagian dapur rumahnya yang ambruk, satu kamar mandi dan kamar tidur pun ikut ambruk bersama longsoran.

“Mengungsi sementara ke rumah keluarga yang tidak jauh dari sini,” jelasnya.

Sementara itu, Lurah Prapatan, Reza Dipa Pradeka, mengatakan, untuk penanganan awal, pihaknya akan mengeluarkan terlebih dahulu barang-barang milik korban. Kemudian pemilik beserta istrinya akan diungsikan sementara waktu, mengingat kondisi rumah Sukardi yang cukup parah kerusakannya.

Baca Juga:   Jalan Depan Global Sport Tak Mungkin Rampung Cepat

“Sementara waktu, titik longsoran kita tutup pakai terpal dan beberapa pohon yang ada di bawah akan kita tebang, supaya nanti kalau ada longsor susulan tidak membahayakan rumah di sekitarnya,” ujar Reza.

Reza menambahkan, untuk penanganan jangka panjangnya, pihak Kelurahan akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU). “Langkah selanjutnya kita akan koordinasi dulu seperti apa ya kan,” tutupnya. (Bom)

BACA JUGA