spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Siap Gelar Konferwil, PWNU Kaltim Bakal Soroti Kebutuhan Biologis Pekerja IKN

BALIKPAPAN – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Timur akan melaksanakan Konferensi Wilayah (Konferwil) pada tanggal 23-25 Juni 2023 di Kota Balikpapan.

Ketua Panitia Konferwil 10 NU, Masjaya mengatakan, agenda rutin 5 tahunan ini direncanakan berlangsung di Pesantren Syaichona Cholil, Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan. Dan dalam penyelenggaraan Konferwil tersebut telah mengantongi restu dari PBNU.

“Yang bakal hadir dalam Konferwil nanti InsyaAllah Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf dan membukanya,” ujarnya, Senin (19/6/2023).

Lebih lanjut Masjaya menjelaskan, Konferwil tersebut akan diikuti oleh pengurus lembaga di tingkat PWNU, perwakilan PCNU Kabupaten/Kota dengan perwakilan setiap daerah 4 orang, Badan Otonom 2 orang, dan 10 orang fiqih.

“Nanti dirangkai juga dengan pelantikan pengurus cabang NU Balikpapan masa khidmat 2023-2028,” jelasnya.

Sementara itu Sekretaris PWNU Kaltim, Abubakar Madani mengatakan, adapun tema yang diangkat yakni Memberdayakan Jam’iyah Dalam Membangun Peradaban. Hal tersebut sejalan dengan tema besar PBNU Dalam Membangun Bangsa.

Lebih lanjut Abubakar mengatakan, selama kurun waktu 3 hari itu, bakal membahas beberapa topik. Di antaranya, seperti mengevaluasi program kerja kepengurusan PWNU Kaltim 5 tahun terakhir, membahas program kerja PWNU masa khidmat 2023-2028.

Baca Juga:   Cegah Kenakalan Remaja, Kapolsek Akan Hadir di Upacara Sekolah

“Kita akan memilih rais suriah 2023-2028. Yang terakhir membahas Bahtsul Masail yang kaitannya tentang keagamaan-keagamaan,” ujarnya.

Adapun Bahtsul Masail yang menjadi fokus pembicaraan pada kali ini adalah berkaitan dengan kedatangan pekerja di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Tentunya ini akan merespon bagaimana dasar hukum keagamaannya, bagaimana mereka menyalurkan hasrat biologisnya dalam kehidupan sehari-hari selama bekerja di sana,” tambah Abubakar.

Abubakar berharap Konferwil ini dapat berjalan dengan lancar agar estafet  organisasi bisa tetap berjalan secara kontinyu. Terlebih dalam hal mengemban misi Nahdlatul Ulama yang sudah berlangsung saban tahun. (bom)

BACA JUGA