spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rutin Cek Kesehatan, Polda Kaltim Pastikan Kondisi Tahanan Sehat dan Baik

BALIKPAPAN – Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim melaksanakan giat pemeriksaan kesehatan bagi para tahanan Polda Kaltim, Selasa (18/7/2023).

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo mengatakan, giat yang di mulai pada pukul 12.00 WITA tersebut tim medis yang terdiri dari Penata dr. Putu Cindra Prameswari dan Bripda Novia Agustina Rahayu, S.Tr.Kes, bertugas melakukan pemeriksaan kesehatan dengan tujuan untuk memastikan kondisi kesehatan para tahanan berada dalam keadaan baik.

“Pemeriksaan dilakukan secara seksama, meliputi pemeriksaan fisik, pengukuran tekanan darah, denyut nadi, suhu tubuh, serta frekuensi pernapasan,” ujarnya.

Lebih lanjut Yusuf Sutejo menjelaskan, selain itu tahanan juga diberi kesempatan untuk menyampaikan keluhan kesehatan yang dirasakan selama berada di tahanan agar bisa diberikan penanganan yang sesuai.

“Pemeriksaan kesehatan rutin bagi para tahanan merupakan bagian dari komitmen Polri dalam memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan memastikan kesehatan dan kesejahteraan para tahanan terjamin,” jelasnya.

Yusuf menegaskan, kegiatan ini juga sejalan dengan prinsip-prinsip hak asasi manusia yang menjamin hak-hak dasar kesehatan bagi setiap individu, termasuk mereka yang sedang dalam proses hukum.

Baca Juga:   Semesta Academy Beri Motivasi Jajaran Binmas Polda Kaltim

“Semoga hasil pemeriksaan kesehatan ini dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai kondisi kesehatan para tahanan dan memberikan arahan dalam memberikan penanganan medis yang tepat bagi mereka yang membutuhkan.

Diharapkan pula bahwa upaya-upaya ini dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga dan memperkuat sistem penegakan hukum yang adil dan berkeadilan di wilayah Kalimantan Timur. (bom)

BACA JUGA