spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ruko di Klandasan Rubuh Bikin Panik Warga, Ini Penyebabnya

BALIKPAPAN – Sebuah rumah toko (Ruko) yang terletak di RT 2 nomor 5 Kelurahan Klandasan Ulu, Kota Balikpapan, pada Jumat (14/4/2023) pagi sekitar pukul 09.30 WITA mengalami keruntuhan pada bagian depannya. Hal ini membuat masyarakat yang berada di sekitarnya menjadi kaget dan panik.

Pemilik ruko, Rudi, mengatakan bahwa saat ia baru membuka rukonya yang menjual bahan material bangunan, sudah terlihat tanda-tanda bahwa bagian depan rukonya akan roboh. “Saat saya baru membuka ruko, ada benda yang jatuh, meski tidak banyak,” ujarnya.

Rudi segera melaporkan ke Ketua RT setempat untuk meminta solusi penanganan bangunannya yang akan roboh tersebut. “Ketua RT meminta saya untuk memasang pembatas dulu, agar tidak ada orang yang lewat di sana,” jelasnya.

Setelah beberapa waktu, bagian depan ruko mulai roboh dari atas hingga bawah, dan menimbulkan suara benturan yang cukup kencang. “Saat ini, kawasan tersebut sudah diberi garis polisi, dan kami menunggu untuk melihat bagaimana evakuasi bangunan ini akan dilakukan,” tambah Rudi.

Baca Juga:   Polda Kaltim Ungkap Kasus Pencurian Onderdil Alat Berat di Kawasan IKN Nusantara

Rudi mengakui bahwa usia bangunan ruko miliknya sudah cukup lama berdiri di kawasan pertokoan Klandasan, Kota Balikpapan. “Sudah sangat lama, sudah lebih dari 40 tahun,” tegasnya.

Sementara itu, sejumlah petugas seperti PLN langsung merapikan kelistrikan di kawasan ruko tersebut. BPBD juga masih berdiskusi bersama pemilik ruko untuk melakukan evakuasi. (Bom)

BACA JUGA