spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ratusan WBP Lapas Klas IIA Balikpapan Dapatkan BPJS Kesehatan Gratis

BALIKPAPAN – Pemkot Balikpapan terus memberikan pelayanan kesehatan kepada warganya, melalui program Jaminan Kesehatan Gratis. Kali ini ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas IIA Balikpapan turut mendapatkannya.

Pemberian BPJS Kesehatan kepada WBP Lapas Klas IIA Balikpapan ini dilakukan secara simbolis dengan menyerahkan Kartu BPJS Kesehatan Gratis dari Pemkot Balikpapan kepada Kalapas Klas IIA Balikpapan, Pujiono disaksikan Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan (Bimkemaswat) Kemenkum HAM RI, Elly Yuzar dan Asisten III Bidang Administrator Umum, Andi Yusri Ramli, Kamis (9/3/2023).

Elly Yuzar mengatakan, pihaknya mengapresiasi Pemkot Balikpapan dengan adanya pelayanan dasar kesehatan gratis BPJS Kesehatan kelas III kepada WBP Lapas Klas IIA Balikpapan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Wali Kota Balikpapan yang penuh perhatian kepada WBP yang berada dalam Lapas Balikpapan untuk dapat menerima layanan jaminan kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Elly menjelaskan, ada sekitar 300-an WBP yang mendapat jaminan BPJS Kesehatan gratis, yang mana dengan bantuan ini masalah kesehatan dapat terjaga dan terjamin.

Baca Juga:   10 Kepala Dinas di Pemkot Balikpapan Dirotasi, Berikut Daftarnya

“Siapapun orangnya baik bukan warga kota tugas kami memberikan pelayanan kesehatan. Hanya saja dengan memiliki kartu BPJS Kesehatan ini kan akan lebih memudahkan lagi dan kesehatan tetap kita jamin,” jelasnya.

Dalam hal ini dengan adanya kartu BPJS Kesehatan bisa digunakan untuk rujukan ke rumah sakit tergantung dari pihak BPJS Kesehatan mau dirujuk kemana.

“Sebelum dirujuk tentu ada tindakan yang diberikan di klinik, karena kita punya dokter dan perawat, barulah jika dibutuhkan rujukan maka peranan kartu BPJS Kesehatan ini dibutuhkan,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrator Umum, Andi Yusri Ramli mengatakan, pemberian jaminan BPJS Kesehatan Kelas III bagi WBP Lapas Balikpapan ini memang sudah menjadi program dari Wali Kota Balikpapan untuk pemerataan dan pelayanan di bidang kesehatan untuk warga kota Balikpapan.

“Sudah sesuai progres, kita upayakan BPJS Kesehatan bisa diterima warga yang ber KTP Balikpapan, tak terkecuali warga binaan di Lapas Balikpapan,” ujarnya.

Informasinya saat ini sudah ada 60 persen dari jumlah WBP Lapas Balikpapan yang memiliki jaminan BPJS Kesehatan dari Pemkot Balikpapan dan yang 40 persen menyusul.

Baca Juga:   Gerhana Matahari Hybrid Akan Terjadi, Awas Jangan Lihat Langsung!

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat cepat selesai dan semuanya terakomodir BPJS Kesehatan Kelas III-nya, sehingga jika sakit dan mendapat perawatan tindak lanjut bisa segera ditangani,” tutup Yusri. (Bom)

BACA JUGA