spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ratusan Calon Anggota Bawaslu se-Kaltim Jalanin Tes Tertulis dan Psikologi

BALIKPAPAN – Tim Seleksi Bawaslu se-Kalimantan Timur saat ini tengah melakukan tahapan seleksi kepada para peserta Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur periode 2023-2028 di Kota Balikpapan selama dua hari, yakni 26 dan 27 Juni 2023.

Pada seleksi ini dibagi menjadi 2 zonasi, yakni zona 1 terdiri dari Balikpapan, Paser, Penajam Paser Utara, Mahakam Ulu dan Kutai Barat. Sedangkan zona 2 terdiri dari Samarinda, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Bontang dan Berau.

Ketua Seleksi Zona 1, Imam Aribowo mengatakan, untuk zona 1 awalnya diikuti sebanyak 113 peserta. Namun karena terdapat 8 orang yang tidak memenuhi syarat administrasi maka 8 orang tersebut dinyatakan gugur.

“Di tes tertulis ini diikuti 105 orang aja. Karena di tes pertama sudah ada yang gugur 8 orang. Nanti kalau ada yang gugur di tes tertulis ini maka tidak akan lanjut ke tes berikutnya,” ujarnya, Senin (26/6/2023).

Lebih lanjut Ari menjelaskan, untuk zona 1 ini masing-masing Kabupaten/Kota akan di cari 4 kali kebutuhan untuk komisionernya. “Artinya jika Balikpapan ada 5 komisioner, kita cari 4 kalinya, yakni 20 orang,” jelasnya.

Baca Juga:   Pasien Meninggal Dunia karena Tolak Kartu KIS, Komisi IV DPRD Sidak RSPB dan RSUD, Ini Alasan Rumah Sakit

Sementara itu untuk zona 2 yang di ketuai Johan Putra mengatakan, sebanyak 162 peserta dengan 12 orang yang sudah gugur.

“Kalau di zona 1 ini kita juga cari 4 kali kebutuhan, jadi sama dengan zona 1,” ujarnya.

Johan menambahkan, setelah tahapan tes tertulis dan psikologi selesai, maka akan ada tes selanjutnya, yakni tes wawancara dan tes kesehatan. Dan terakhir adalah tes internal Bawaslu. “Yang terakhir itu internal Bawaslu sudah,”¬†tutupnya.¬†(bom)

BACA JUGA