spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Putra Daerah Balikpapan Gandeng UMKM dan Sediakan Lapak Ramadan

BALIKPAPAN – Putra asli daerah bernama Denni Mappa yang juga pengusaha muda kelahiran Kota Balikpapan tahun 1991 ini peduli terhadap perekonomian Kota Balikpapan, khususnya pasca pandemi Covid-19.

Ini dibuktikannya dengan membuka puluhan lapak pasar Ramadan di tiga kecamatan di Kota Balikpapan. Masing-masing 68 lapak di Balikpapan Barat, 25 lapak di Balikpapan Kota dan Balikpapan Tengah.

Depa sapaan akrab Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Balikpapan ini mengatakan, lapak pasar Ramadan ini untuk membangkitkan kembali ekonomi masyarakat di Kota Balikpapan.

“Ini transisi dari pandemi menuju endemi. Di masa transisi ini kan berpengaruh ke ekonomi. Kami sebagai salah satu partai politik yang memang peduli terhadap masyarakat ingin meningkatkan atau membangkitkan kembali ekonomi yang bergulir di masyarakat. Salah satunya ya ini,” ujarnya, Sabtu (25/3/2023).

Lebih lanjut Depa menjelaskan, pasar Ramadan yang didirikannya ini menggandeng Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) warga sekitar, di mana menurutnya UMKM adalah sebagai poros penggerak ekonomi terbesar di Indonesia.

Baca Juga:   Tanda Dimulainya Pemilu 2024, KPU Balikpapan Gelar Kirab

“Maka kami gandeng mereka, kami support tempat dan kami juga belanja di situ. Jadi kami juga turut membantu perekonomian UMKM di sekitar pasar Ramadan yang kami buat,” jelasnya.

Dengan dibangunnya pasar Ramadan di tiga kecamatan itu oleh DPC Demokrat Balikpapan, maka masih ada tiga kecamatan lainnya yang belum tersentuh.

Yakni Balikpapan Selatan, Balikpapan Timur dan Balikpapan Utara. Untuk tiga kecamatan tersebut, Depa mengaku saat ini masih dalam tahap proses. “Kami kan harus bekerja sama dengan UMKM ataupun warga setempat. Jadi kami harus mencari tempatnya dulu dan siapa saja yang akan berjualan,” tambahnya.

DPC Demokrat juga terbuka jika ada masyarakat yang ingin membuka pasar ramadan secara kolektif, tentu dari DPC Demokrat siap memfasilitasi. “Nanti bisa ngobrol atau diskusi dan dari Demokrat yang akan support,” ujar Depa.

Untuk diketahui, pasar Ramadan yang digelar oleh Demokrat ini tidak hanya dibuka, tetapi juga digelar di kota lainya seperti Samarinda. Momentum bulan yang penuh berkah ini DPC Demokrat juga tak ingin ketinggalan untuk berbagi sesama dengan berbagi takjil di kemudian hari.

Baca Juga:   PKS, Partai Pertama Daftarkan Bakal Caleg ke KPU Balikpapan

“Ramadan kan momentum ada banyak orang jualan-jualan takjil untuk berbuka, karena ini momentum yang baik makanya kami masuk ke pasar Ramadan karena ini sudah umum,” tutupnya. (Bom)

BACA JUGA