spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PPIH Sita Ratusan Batang Rokok Calon Jamaah Haji Embarkasi Balikpapan

BALIKPAPAN – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Balikpapan menyita setidaknya 400 batang rokok milik calon jamaah haji yang akan terbang ke Arab Saudi.

PPIH dari Supervisor Aviation Security Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Abdul Sajudin, mengatakan, ratusan batang rokok tersebut berasal dari dua koper milik calon jemaah haji pada kloter ketiga asal Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

“Ada 400 batang rokok yang disita. Ratusan batang rokok ini diserahkan ke Bea Cukai Balikpapan untuk diproses lebih lanjut,” ujarnya, Senin (29/5/2023).

Lebih lanjut, Abdul Sajudin menjelaskan, temuan ratusan batang rokok tersebut bermula dari kecurigaan petugas saat melakukan pemeriksaan terhadap seluruh barang bawaan calon jemaah haji ke tanah suci. Satu per satu tas dan koper milik calon jemaah haji dimasukkan ke dalam x-ray di Embarkasi Haji Balikpapan.

“Petugas pun melakukan pemeriksaan terhadap isi kedua koper itu yang diindikasikan membawa puluhan bungkus rokok tanpa cukai,” jelasnya.

Setelah itu, petugas memanggil pemilik koper tersebut untuk dilakukan pemeriksaan secara rinci. “Setelah kami panggil, kami meminta mereka untuk membuka kopernya agar petugas bisa memeriksa lebih rinci,” tambahnya.

Baca Juga:   Diduga Sopir Hilang Konsentrasi, Xpander Tabrak Tiang Listrik di Balikpapan

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap isi koper tersebut, dari koper pertama yang diperiksa, petugas menemukan bungkusan plastik hitam yang berisi sejumlah bungkus rokok.

Kemudian, petugas kembali memeriksa koper kedua dan menemukan dua slop rokok yang diselipkan ke dalam baju. Petugas pun langsung melakukan penyitaan terhadap temuan itu, lalu menyerahkannya ke pihak bea cukai. “Hanya 200 batang yang diperbolehkan,” tutupnya. (Bom)

BACA JUGA