spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Polres Kukar Perketat Pengamanan Penjara, Razia Ruang Tahanan

TENGGARONG – Pasca kejadian kaburnya 11 tahanan di Mapolresta Balikpapan, pada Sabtu (31/12/2022) pukul 00.05 WITA dinihari, Polres Kutai Kartanegara (Kukar) pun langsung lakukan peningkatan pengamanan. Terutama ruang yang menampung para tahanan, akan dijaga ketat dibandingkan biasanya.

Kapolres Kukar, AKBP Hari Rosena, melalui Kasi Humas Polres Kukar, IPTU Darnuji, berdasarkan arahan Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim), pengetatan pengamanan dilakukan di Mapolres Kukar, ruang tahanan dan asrama sekitar Mapolres.
“Memperketat PAM (pengamanan), pada pelaksanaan (malam) tahun baru,” ucap Darnuji saat dikonfirmasi mediakaltim.com, Sabtu (31/12/2022).

Selain itu, Darnuji menambahkan, Kapolda Kaltim memerintahkan untuk seluruh personel internal Polres Kukar, terutama petugas yang menjaga ruang tahanan untuk meningkatkan kewaspadaan. Seperti melakukan kontrol dan pengecekan rutin dan berkala, memastikan jumlah tahanan sesuai dengan data yang dimiliki oleh petugas.

Mengingat tahanan Polresta Balikpapan yang kabur dengan memotong ventilasi besi menggunakan gergaji, turut jadi perhatian. Maka dari itu, Darnuji mengatakan, bahwa Polres Kukar diminta untuk memastikan barang bawakan yang masuk untuk tahanan. Dari titipan keluarga yang membesuk tahanan, seperti titipan makanan dan titipan pakaian yang bisa saja berisi barang terlarang.

Baca Juga:   Terekam CCTV, Pencuri Motor di Sepinggan Akhirnya Ditangkap

Para tahanan pun dipastikan dan diwajibkan menggunakan baju oranye khas tahanan. Ini sebagai tindakan pencegahan, tidak diperbolehkan menggunakan baju pribadi.
Serta meminta untuk dilakukan razia atau inspeksi mendadak ke ruang tahanan. Baik di bilik tahanan hingga kamar mandi tahanan.

Selain itu, memastikan tidak terjadi over load ruang tahanan, seluruh polres diminta untuk segera melimpahkan kasus para tahanan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU). Agar tahanan yang ada Polres Kukar tidak menumpuk hingga jumlahnya membludak. Diketahui jumlah tahanan yang ada di Polres Kukar mencapai 144 orang. “Juga memberikan tindakan tegas terhadap personel yang lalai dalam melaksanakan penjagaan tahanan,” kata Darnuji. (afi)

BACA JUGA