spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Polda Kaltim Periksa Polisi Penembak Pencuri Batu Bara hingga Tewas

BALIKPAPAN – Seorang terduga pelaku yang hendak mencuri batu bara dari sebuah kapal tongkang Minggu (26/3/2023) dini hari tewas tertembak. Saat itu korban berinisial MR (17) diduga sedang mencuri batu bara di perairan Muara Badak, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur bersama sejumlah rekannya.

Saat melakukan aksinya, korban tertangkap polisi yang langsung melakukan upaya pencegahan. Detik-detik korban tertembak itu terabadikan lewat video dan menjadi viral di media sosial.

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo mengatakan, terkait tindakan yang menyebabkan korban meninggal dunia, Polda Kaltim memastikan akan memeriksa anggota yang turun di lapangan.

“Tapi yang kita periksa terkait SOP oleh Bid Propam Polda Kaltim. Apakah mereka sudah menjalankan tindakan tersebut sesuai SOP atau tidak,” ujarnya, Jumat (31/3/2023).

Sayangnya Kabid Humas Polda Kaltim belum membeberkan identitas anggota yang menjalani pemeriksaan atas kejadian tersebut.

Yusuf pun menjelaskan jika kronologis awalnya personel kepolisian tersebut bermaksud untuk mencegah tindak pidana itu terjadi. Pihaknya berupaya melakukan upaya penghentian dengan teknik melumpuhkan, yakni dengan melepaskan tembakan peringatan, kemudian memberikan tindakan yang tegas dan terukur.

Baca Juga:   Operasi Lilin Mahakam 2022 Polda Kaltim Catat Lakalantas Meningkat

Terkait video yang beredar luas di media sosial, Yusuf membenarkan kebenarannya. “Video yang beredar memang benar. Korban meninggal,” tambahnya. (Bom)

BACA JUGA