spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pipa Transmisi Jalur IPA Kampung Damai Alami Kebocoran, Distribusi Air Sebagian Pelanggan Terganggu

BALIKPAPAN– Kabar penting bagi pelanggan PDAM di Kota Balikpapan. Hal yang tidak diharapkan terjadi pada pipa transmisi air baku diameter 400 mm steel. Pipa transmisi di jalur Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kampung Damai itu mengalami kebocoran pada Senin (10/04). Akibat kebocoran ini, debit produksi IPA Kampung Damai menjadi tidak maksimal.

Langkah cepat telah dilakukan oleh PDAM setelah mendeteksi  kebocoran yang terjadi dengan melakukan perbaikan. “Sejak pukul 14.00 perbaikan sudah dilakukan. Target pelaksanaan pekerjaan 1×24 jam. Semakin cepat tentu lebih baik,” kata Kepala Sub Bagian (Kasubag) Customer Services (CS) Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (TMB) Suryo Hadi Prabowo.

Suryo menyatakan kegiatan perbaikan pipa transmisi tidak menyebabkan IPA Kampung Damai berhenti beroperasi. Hanya saja, adanya kegiatan tersebut mengakibatkan pelayanan distribusit untuk sebagian pelanggan yang bersumber dari IPA Kampung Damai terganggu untuk sementara.

“Karena kapasitas produksinya berkurang, maka sebagian pelayanan air bersih kepada pelanggan menjadi terganggu,” ujar Suryo.

Terkait gangguan pelayanan ini, Plt Direktur Teknik Perumda TMB Anang Fadliansyah menyampaikan permohonan maaf.

Baca Juga:   Tenaga Kesehatan di Balikpapan Gelar Aksi Damai Tolak RUU Omnibus Law

Menurutnya gangguan distribusi akan dialami oleh pelanggan yang bertempat tinggal di daerah tinggi dan jalur pipa yang terjauh. Karena itu, Anang mengimbau kepada pelanggan agar menampung air secukupnya sesuai kebutuhan sembari menunggu perbaikan pipa transmisi selesai dilakukan.

“Terutama untuk pelanggan yang jaraknya jauh dan elevasinya tinggi, proses normalisasi aliran jaringan pipa distribusi memerlukan waktu cukup lama,” jelas Anang.

Anang berjanji apabila perbaikan pipa transmisi yang mengalami kebocoran telah diselesaikan akan segera mengoperasikan IPA Kampung Damai secara normal. “Keadaan ini juga tidak kami inginkan. Tentu kami berharap pekerjaan perbaikan pipa transmisi bisa segera diselesaikan sesuai target, sehingga pelayanan bisa berjalan normal kembali,” pungkasnya. (kr)

BACA JUGA