spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pertamina Pastikan Kebutuhan Avtur Pesawat Haji Terpenuhi

BALIKPAPAN – Dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan bakar penerbangan pada penerbangan haji tahun tahun 2023, PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan memastikan stok dan penyaluran avtur selama penerbangan haji fase 1 dan 2 berjalan lancar.

Hal ini disampaikan oleh Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, Minggu (28/5/2023).

“Patra Niaga Regional Kalimantan telah menyiapkan kebutuhan avtur sebanyak 428 Kiloliter pada fase pertama penerbangan haji yang dimulai Mei – Juni 2023 dan 1.103 Kiloliter untuk fase kedua yang akan dimulai pada Juli – Agustus 2023 nanti. Jumlah kebutuhan di fase kedua lebih banyak dikarenakan adanya frekuensi penerbangan langsung dari Balikpapan ke Madinah dan Jeddah,” ujarnya.

Lebih lanjut Arya menjelaskan, jika dilihat dari penyaluran di tahun sebelumnya, ada peningkatan kebutuhan avtur sebesar 185 persen dimana pada tahun 2022 penyaluran hanya berkisar di angka 150 Kiloliter sementara di tahun 2023 sebesar 428 Kilolitet.

“Jumlah tersebut dikarenakan kondisi tahun lalu masih pandemi dan adanya pengurangan kuota ibadah haji di Balikpapan yang hanya sebanyak 8 kloter. Sementara pada tahun ini ada peningkatan jumlah kloter menjadi 20 kloter,” jelasnya.

Baca Juga:   Siap Gelar Konferwil, PWNU Kaltim Bakal Soroti Kebutuhan Biologis Pekerja IKN

Sementara itu, Operation Head Pertamina Patra Niaga Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Sepinggan, Dimas Bagus Satriyo Wibowo mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan otoritas bandara serta maskapai guna memastikan kelancaran penyaluran bahan bakar pesawat udara.

“Penerbangan haji di Balikpapan, Kalimantan Timur, dilayani maskapai Garuda Indonesia dan telah menyiapkan 20 frekuensi penerbangan di tiap fasenya. Kami telah berkoordinasi dengan pihak Garuda Indonesia, Angkasa Pura I dan pihak penyelenggara haji untuk memastikan penyaluran avtur dapat berjalan secara optimal,” tambah Dimas.

Selama penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 ini, PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan juga menyiapkan beberapa skenario kesiapan dan kesiagaan penyaluran, diantaranya pelayanan waktu tambahan DPPU dan memastikan para pekerjanya untuk selalu fit to work selama pelayanan ibadah haji tersebut.

“Pada prinsipnya kami dari PT Pertamina Patra Niaga khususnya DPPU Sepinggan telah siap memberikan pelayanan terbaik selama penerbangan haji kepada maskapai dan jamaah,” tutupnya. (Bom)

BACA JUGA