spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perkuat Pengamanan Jalur Laut IKN, Operasikan ‘Potkamla Posa’ 

BALIKPAPAN – Danlantamal XIII TRK, Laksma TNI Fauzi mengukuhkan satu alutsista baru TNI AL produksi dalam negeri. Alutsista tersebut berupa Combat Boat yang diberi nama Patkamla Posa yang mampu beroperasi membawa 18 pasukan dengan laju 50 knots.

Laksma TNI Fauzi mengatakan, Patkamla Posa adalah kapal buatan PT Palindo Marine. Kapal ini akan beroperasi memperkuat Lanal Balikpapan, khususnya sebagai pengamanan wilayah Ibu Kota Negara (IKN) sesuai keputusan KSAL Nomor Kep/3346/IX/2022 tentang penetapan satu unit combat boat 20 m.

“Kapal ini yang akan memperkuat Lanal Balikpapan dalam melaksanakan operasi pengamanan jalur logistik laut IKN dan juga laut di wilayah kerja Lanal Balikpapan sepanjang garis pantai Kalimantan Timur,” ujarnya, Jumat (13/1/2023).

Lebih lanjut Fauzi menjelaskan, Combat Boat ialah salah satu unsur kekuatan TNI AL yang mempunyai fungsi sebagai kapal patroli yang mampu melaksanakan pengejaran dan penangkapan. “Kehadiran Combat Boat ini akan mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Lanal Balikpapan,” jelasnya.

Fungsi lainnya dari kapal jenis ini di antaranya melakukan penyelidikan serta peperangan khusus anti-teror aspek laut, serta mampu melaksanakan search and rescue (SAR).

Baca Juga:   Wilayah IKN Luasnya 5 Kali Jakarta, Badan Otorita Prioritas Bangun Infrastruktur

Patkamla Posa memiliki panjang 20 m, diplacement 30 ton dengan dibekali dua mesin bertenaga 1.400 hp sehingga mampu mencapai kecepatan sampai dengan 50 knots.

Fauzi berharap Patkamla Posa mampu memberikan kontribusi positif untuk pengamanan perairan wiayah Lanal Balikpapan, Kalimantan Timur. (Bom)

BACA JUGA