spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Penumpang Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Naik 39 Persen

BALIKPAPAN – Pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi udara kembali bergairah. Pergerakan lalu lintas udara di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan di awal tahun 2023 pada bulan Januari tercatat melayani 389.210 penumpang.

Baik yang datang maupun berangkat meningkat 39 persen jika dibandingkan dengan tahun 2022 yaitu 279.101 penumpang.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Ahmad Syaugi Shahab mengatakan, di samping pertumbuhan jumlah penumpang sebesar 39 persen, pergerakan pesawat udara baik yang datang maupun berangkat juga ikut meningkat.

Suasana keberangkatan di terminal Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Hal ini karena sejumlah maskapai telah membuka rute penerbangan baru untuk melayani masyarakat.  “Tercatat di tahun 2022 pergerakan pesawat udara hanya 3.004 pergerakan namun di tahun 2023 ini mencapai 3.992 atau tumbuh positif sebesar 33 persen,” ujar Ahmad Syaugi Shahab, Rabu (15/2/2023).

Meningkatnya jumlah penumpang salah satunya dipengaruhi oleh dibukanya rute-rute baru seperti Toraja, Mamuju dan Singapore, sehingga para calon penumpang memiliki opsi lebih untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara.

Baca Juga:   70 Pasangan Nikah Sirih Ikuti Istbat Nikah Terpadu

“Beberapa waktu lalu sejumlah maskapai membuka layanan penerbangan baru, salah satu meningkatnya hal ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Ahmad Syaugi Shahab menjelaskan, saat ini Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan melayani 18 rute penerbangan domestik yang dilayani oleh 8 maskapai. Dimana kota tujuan terfaforit masih di dominasi oleh Jakarta, Surabaya dan Makasar.

“Untuk rute saat ini masih didominasi oleh Jakarta dengan 119.007 penumpang, Surabaya 90.069 penumpang dan Makassar dengan 40.690 penumpang,” tutupnya. (Bom)

BACA JUGA