spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pengunjung Pantai Manggar Disengat Ubur-ubur, Kulit Jadi Gatal dan Terasa Terbakar

BALIKPAPAN – Sejumlah pengunjung pantai Manggar Segara Sari, Balikpapan Timur pada Kamis (27/4/2023) sekitar pukul 10.30 WITA banyak yang mengeluhkan badannya sakit-sakit dengan rasa gatal akibat tersengat ubur-ubur saat tengah berenang.

Beberapa korban di antaranya Nur Abdul Salam (16) dan Raga (11), warga RT 05 Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, yang tengah asik berenang di pantai.

Salah satu petugas posko keamanan di pantai Manggar, Taufik, mengatakan bahwa saat ini ubur-ubur di pantai sepanjang Manggar hingga Lamaru sedang banyak. Sehingga masyarakat atau pengunjung diminta agar tidak berenang dulu.

“Sudah ada yang terkena sengatan. Memang lagi banyaknya ini, mulai dari sini (Manggar) sampai Lamaru,” ujarnya.

Lebih lanjut, Taufik menjelaskan bahwa korban terparah adalah kedua warga Loa Janan tersebut, karena kulit mereka gatal dan terasa seperti terbakar.

“Kita langsung mengantar mereka ke Puskesmas terdekat, karena mereka harus segera mendapat perawatan medis,” jelasnya.

Untuk itu, ia meminta para pengunjung yang berlibur di pantai saat ini agar tidak mandi di laut karena populasi ubur-ubur yang banyak dapat membahayakan pengunjung.

Baca Juga:   Disisir 8 Jam, Bocah 13 Tahun yang Tenggelam di Manggar Sari Ditemukan Meninggal

“Kami dari posko pengamanan di pantai Manggar telah melakukan imbauan agar masyarakat tidak berenang atau beraktifitas di dalam air, sampai ubur-ubur tersebut pergi,” tutupnya. (Bom)

BACA JUGA