spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pelabuhan Semayang Balikpapan Mulai Dipadati Penumpang Kapal

BALIKPAPAN – Menjelang idulfitri 1444 Hijriah masyarakat calon penumpang pelabuhan Semayang Balikpapan mulai menumpuk, dari pintu masuk hingga halaman terminal keberangkatan, Senin (10/4/2023).

Pantauan Mediakaltim.com di lapangan, kedatangan calon penumpang ini sudah terjadi sejak Minggu (8/4/2024) malam kemarin. Pasalnya, kali ini KM Labobar dengan tujuan keberangkatan Surabaya akan tiba di pelabuhan Semayang Balikpapan.

Salah seorang calon penumpang Wahyudi mengatakan, dirinya bersama keluarga sengaja memilih transportasi laut ini karena harga tiketnya masih sangat terjangkau. Berbeda dengan harga tiket pesawat udara yang harganya sudah tak mampu di beli.

“Saya berenam, satu keluarga. Dapat tiket harga Rp 425 ribu, kan lumayan kalau sekeluarga ini, kalau naik pesawat mahal,” ujarnya.

Lebih lanjut Wahyudi menjelaskan, dirinya sengaja berangkat pulang kampung lebih awal, hal ini agar tidak terjadi penumpukan penumpang di atas kapal. Selain itu juga dirinya ingin lebih lama menghabiskan waktu di kampung halamannya.

“Kalau sekarang kan masih agak longgar. Tapi kalau nanti itu bisa banyak lagi, bisa nggak kebagian tempat di atas kapal,” jelasnya.

Baca Juga:   Serunya Dunia Aeromodeling, Jadi Pilot Menerbangkan Pesawat

Senada dengan Wahyudi, calon penumpang lainnya, Sulastri mengaku memilih mudik lebih awal karena takut berdesak-desakan di atas kapal. “Sudah tiap tahun begini mas. Sama keluarga besar,” ujarnya.

Sulastri yang saat ini tinggal di Kota Samrinda juga mengaku lebih memilih kapal lantaran harga tiketnya yang masih terjangkau.

Sementara itu, Kepala Pelni Balikpapan, Amin Amrullah mengaku, jika selama arus mudik dan balik lebaran tahun 2023 kali ini Pelni meningkatkan intensitas keberangkatan dan kedatangan kapalnya.

“Biasa sebulan 3 kali, di momentum mudik dan balik ini kita masing-masing kapal bisa sampai 5 kali,” ujarnya.

Amrullah mengaku, kota tujuan paling tinggi peminatnya masih Kota Surabaya kemudian Pare-pare. “Kalau surabaya itu bisa sampai 2.500 penumpang. Sore ini aja sudah terdata 2.300 lebih ya,” jelasnya.

Untuk puncak arus mudik sendiri, Amrullah mengaku akan terjadi pada tanggal 16 April 2023 mendatang. (Bom)

BACA JUGA