spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pangdam VI Mulawarman Gelar Aksi Tanam Ribuan Pohon di Lahan Eks Tambang Bukit Tengkorak

BALIKPAPAN – Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo bersama jajaran pejabat Kodam VI Mulawarman melaksanakan penanaman pohon di Bukit Tengkorak Desa Sukomulyo, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (9/8/2023).

Pangdam VI Mulawarman mengatakan, penanam ribuan pohon di kawasan lahan bekas galian tambang batu bara ini sebagai langkah penghijauan usai adanya pihak yang tidak bertanggung jawab terhadap tambang tersebut. Selain itu juga dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78

“Dengan penanaman pohon yang dilakukan ini, diharapkan bisa menjadi salah satu upaya untuk perbaikan lingkungan. Pun dengan menghijaukan kembali ribuan hektar lahan bekas tambang tersebut,” ujar Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Lebih lanjut Pangdam VI Mulawarman menjelaskan, bahwa luas lahan yang menjadi sasaran penghijauan yakni sekitar 4 hektar. Dan jumlah pohon yang ditanam sebanyak 2.184 yang terdiri dari berbagai jenis tanaman buah-buahan.

“Kita lihat di Bukit Tengkorak ini banyak sekali terjadi penambangan yang tidak pada tempatnya. Ini upaya kepedulian kita, terhadap lingkungan di sekitar kita,” jelasnya.

Baca Juga:   Gara-gara "Bottle Neck", DPU Balikpapan Lebarkan Drainase di Simpang Dome

Dengan penanaman pohon yang dilakukan, lahan tersebut juga diharapkan bisa kembali produktif, serta dapat memitigasi bencana yang mungkin terjadi.

Penamanan ribuan pohon ini juga melibatkan masyarakat sekitar dan kalangan pelajar yang ada di sekitar lokasi tersebut.

“Mudahan setelah ini masyarakat juga bisa melakukan kegiatan penghijauan dengan menanam pohon sebanyak-banyaknya,”¬†tutupnya.¬†(bom)

BACA JUGA