spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Operasi Ketupat Mahakam 2023 Dimulai, Kapolda Atensi Rumah Kosong dan Jalan Rawan Lakalantas

BALIKPAPAN – Polda Kaltim melaksanakan apel gelar pasukan sebagai persiapan terakhir sebelum Operasi Ketupat Mahakam 2023 dimulai. Apel berlangsung di halaman Satbrimob Polda Kaltim, dan Kapolda Kaltim, Irjen Pol Imam Sugianto langsung memimpin apel pasukan tersebut.

Irjen Pol Imam Sugianto mengatakan, pada pelaksanaan Oprasi Ketupat Mahakam 2023 kali ini, wilayah Kalimantan Timur bukan merupakan wilayah mudik seperti Jawa dan Sumatra. Sehingga ia akan meminta seluruh jajarannya berfokus pada keamanan rumah-rumah yang di tinggal pemudik.

“Wilayah Kaltim ini tidak termasuk prioritas wilayah mudik. Jadi kita lebih fokus pada pengamanan rumah-rumah kosong yang justru ditinggal mudik pemiliknya,” ujarnya, Senin (17/4/2023).

Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Mahakam 2023 di Lapangan Satbrimob Polda Kaltim, Balikpapan, Senin (17/4/2023).

Lebih lanjut Kapolda Kaltim juga menekankan jajaran untuk memperhatikan lokasi jalan yang di nilai rawan terhadap kecelakaan lalulintas. Baik antar kota maupun antar provinsi.

“Kalau di Balikpapan ini seperti Rapak ya, dan di Samarinda ada juga, di Paser dan PPU juga ada titik-titik yang harus kita waspadai,” jelasnya.

Sementara itu saat ditanya mengenai jumlah personel yang terlibat pada Operasi Ketupat Mahakam 2023 kali ini, Imam menyakatan ada sedikitnya 1.851 personel gabungan. “Mereka akan kita tempatkan di 53 Pos Pengamanan, 12 Pos pelayanan dan 12 Pos terpadu,” tambahnya.

Baca Juga:   Mahfud Mewanti-wanti Penegakan Hukum Pemilu Dilakukan dengan Hati-hati untuk Hindari Kegaduhan

Seperti diketahui, Operasi Ketupat Mahakam 2023 akan berlangsung mulai 18 April hingga 1 Mei 2023 mendatang. Kapolda Kaltim berharap, masyarakat juga dapat bersama menciptakan Kantibmas bersama-sama selama lebaran, libur lebaran dan arus balik lebaran.

“Jika masyarakat mengalami sesuatu atau butuh bantuan TNI-Polri silahkan melapor. Kami siap membantu 24 jam,” tutupnya. (Bom)

BACA JUGA