spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lantik Anggota PPK, Ketua KPU Balikpapan Pesan Jangan Kritisi Pemerintah

BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan terus melakukan tahapan pemilihan umum untuk tahun 2024 mendatang.

Terbaru, KPU Kota Balikpapan baru saja melantik anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Rabu (4/1/2023).

Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha mengatakan, pelantikan anggota PPK ini sebanyak 30 orang, dimana masing-masing kecamatannya terdapat 5 anggota PPK.

“Setelah pelantikan, perwakilan anggota PPK melakukan penandatanganan berita acara pelantikan. Dan resmi bekerja untuk tahapan pemilu 2024,” ujarnya.

Lebih lanjut Thoha menjelaskan, selain mengikuti pelantikan, 30 anggota PPK juga menyampaikan pakta integritas yang dibacakan staf KPU Kota Balikpapan dan diikuti anggota PPK, dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas.

“Sudah mulai terikat sebagai penyelenggara tutur kata, itu gak boleh ada kata-kata kepleset, sudah diatur PKPU terutama tahapan yang sudah berjalan,” katanya.

Anggota PPK ini mendapatkan honor dari APBN. Sehingga harus taat pada aturan dan kode etik, termasuk tidak boleh mengkritisi pemerintah.

“Kalau mengkritisi itu biar tugasnya teman-teman wartawan. Kalian harus mensukseskan tahapan pemilu,” katanya.

Baca Juga:   Ungkap Kasus Pencurian Sparepart Alat Berat di IKN, Ditkrimum Polda Dapat Award

Anggota PPK akan menempati kantor di kecamatan dan ia meminta anggota PPK untuk membangun komunikasi yang baik dengan pemerintah.

“Kalau ada kekurangan di kantor sekretariatan cukup menyampaikan dengan kami. Nanti biar kami yang kordinasi dengan pemerintahan kota,” ujar Thoha.

Pelantikan dihadiri Komisioner KPU Balikpapan, Ketua Panwas Balikpapan, Asisten 1 Balikpapan, Muspida Kota Balikpapan, anggota DPRD Balikpapan, Kepala Disdukcapil, Kesbangpol, Kominfo Balikpapan, pihak kecamatan, perwakilan Lapas dan Rutan Balikpapan serta wartawan. (Bom)

BACA JUGA