spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kemenag Kaltim Lepas Kloter Pertama Embarkasi Haji Balikpapan

BALIKPAPAN – Sebanyak 299 calon jemaah haji tahun 2023 kloter pertama Embarkasi Haji Balikpapan resmi dilepas dan diberangkatkan pada Jumat (26/5/2023).

Sebelum berangkat, para calon jamaah haji ini mendapat pesan dan amanat dari Kepala Kantor Agama Wilayah Provinsi Kalimantan Timur yang juga Ketua Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH), Abdul Khaliq.

“Ada 294 orang calon haji ditambah 5 orang pendamping dan tenaga kesehatan. Jadi totalnya 299 orang untuk kloter pertama ini,” tutur Abdul Khaliq, ditemui di Embarkasi Haji Balikpapan, Jumat (26/5) malam.

Lebih lanjut, Abdul Khaliq menjelaskan bahwa calon jemaah haji ini nantinya menggunakan pesawat Garuda Airbus A330900 New melalui Bandara Sams Sepinggan Balikpapan menuju Jeddah.

Sebelum berangkat, para jemaah lebih dulu dikarantina selama satu hari di Asrama Haji Balikpapan sejak Kamis (25/5/2023). Petugas juga telah menyiapkan makanan dan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh calon jamaah haji.

“Mereka sudah menginap semalam di Asrama Haji, dan hari ini akan berangkat,” jelasnya.

Abdul Khaliq menambahkan bahwa Embarkasi Haji Balikpapan akan melayani 5.806 calon jemaah haji dari empat provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Sulawesi Utara, dan Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca Juga:   Ada Instansi Persulit Pelayanan, Wali Kota: Laporkan, Saya Akan Beri Sanksi!

Pelaksanaan ibadah haji tahun ini, diakui Abdul Khaliq menjadi tantangan baru bagi dirinya dan seluruh stakeholder. Pasalnya, jemaah di tahun ini cukup banyak yang berusia lanjut.

“Tahun-tahun sebelumnya batas usia maksimal adalah 60 tahun karena COVID. Sekarang sudah tidak ada COVID, jadi 20 persen jemaah yang akan berangkat dengan 20 kloter adalah lansia,” tambahnya.

Pemberangkatan calon jemaah haji pada kloter pertama ini diakui berlangsung lancar. Petugas telah memeriksa seluruh kesehatan dan kelengkapan seperti paspor calon jemaah haji.

“Kloter selanjutnya akan berangkat dari Samarinda dan disusul oleh Kutai Karatanegara,” tutupnya. (Bom)

BACA JUGA