spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jelang Ramadan, Makam Khusus Covid-19 di Balikpapan Ramai Peziarah

BALIKPAPAN – Memasuki bulan Ramadan tradisi mendatangi makam keluarga atau ziarah kubur sering dilakukan masyarakat, tak terkecuali di Kota Balikpapan.

Hampir semua pemakaman umum di Balikpapan ramai didatangi peziarah. Sama halnya dengan pemakaman khusus Covid-19 yang terletak di kawasan kilometer 15 Balikpapan Utara.

Penjaga makam khusus Covid-19, Jalil mengatakan, keramaian kedatangan peziarah tersebut sudah terjadi sejak H-3 atau Senin (20/3). Di mana dalam sehari bisa mencapai 100 orang bahkan lebih.

“Kalau seratusan ada kali Mas, yang pasti sejak Senin kemarin itu sudah ramai yang datang ke sini buat nyekar,” ujarnya, Rabu (22/3/2023).

Lebih lanjut Jalil menjelaskan, di pemakaman khusus Covid-19 terpadu kilometer 15 ini, khusus makam muslim terdapat 2.000-an lebih makam. Sehingga jumlah keluarga yang datang berziarah ke makam diperkirakan bisa dua kali lipat.

“Satu makam itu bisa tiga atau empat bahkan yang datang keluarganya. Nah, di sini ada ribuan makam sudah, itu yang muslim saja Mas,” jelasnya.

Di katakan Jalil, sejak pandemi Covid-19 mereda, pemakaman di kilometer 15 ini telah didatangi pihak keluarga. Namun karena memasuki momen Ramadan, pihak keluarga pun kembali mendatangi untuk menggirim doa.

Baca Juga:   Kaltim Masih Berpotensi Dilanda Hujan Deras Disertai Angin dan Petir

“Kalau hari biasa ada saja yang datang, tapi ya cuma beberapa orang saja. Kan, sejak sudah nggak ada pendemi bebas aja datang. Apalagi mau puasa jadi ramai,” tambahnya. (Bom)

BACA JUGA