spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hilal Ramadan Terlihat Jelas dari Balikpapan

BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan bersama Kementerian Agama Kota Balikpapan, BMKG, Pengurus Balikpapan Islamic Center (BIC), Bazmaz, Pengadilan Agama dan Pimpinan Ponpes Al-Banjari menggelar Rukyatul Hilal di menara Masjid Islamic Center Balikpapan, Rabu (22/3/2023) sore.

Dalam pantauan, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Balikpapan, Rasmid mengatakan konjungsi untuk wilayah Balikpapan pukul 01.15 wita dan umur bulan sekitar 17 jam.

“Tingginya 7.8 Drajad, kalau mungkin cuaca bagus akan terlihat. Terlihat lokasi untuk di Kota Balikpapan sudah di atas minimun yakni di atas 6.5 derajad,” ujarnya.

Lebih lanjut Rasmidi menjelaskan, umur bulan saat matahari terbenam ada 30 menit. “Jadi cukup lama untuk melihat hilalnya (1 Ramadan) semoga kita bisa berobservasi,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kementerian Agama Kota Balikpapan, Johan Marpaung menyampaikan bahwa rukyat hilal ini telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

“Semoga ini menjadi amal ibadah kita dalam menentukan hilal ini,” ujarnya.

Kendati telah melakukan rukyat hilal, akan tetapi untuk penetapan awal Ramadan masih menunggu sidang isbad. “Nanti dari kemenag pusat yang mutuskan. Daerah hanya sebagai rekomendasi,” tambahnya.

Baca Juga:   Menkopolhukam: Tindak Pidana Pemilu di Kaltim Tinggi

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud mengatakan, bahwa terpenting dari BMKG sudah menyampaikan pantauannya.

“InsyaAllah malam ini akan melaksanakan Tarawih berjamaah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu dia meminta masyarakat untuk menyambut Ramadan ini tanpa melupakan tugas sehari-hari. “Terutama di jajaran pemerintah jangan sampai puasa jadi alasan. Justru pahala berlipat ganda di bulan Ramadan,” jelasnya.

“Saya juga instruksikan Satpol PP untuk gelar razia baik THM hingga kos-kosan. Ini sebagai ikhtiar untuk menjaga ukhuwah Kota Balikpapan,” tutupnya. (Bom)

BACA JUGA