spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hebat! Anak Balikpapan Siap Harumkan Nama Indonesia di Asian Games 2023

BALIKPAPAN – Tim Panahan Indonesia akan bertolak ke Turki untuk menjalani pemusatan latihan atau training center (TC) selama dua pekan. Terhitung sejak pertengahan April hingga akhir April 2023 mendatang, dalam menghadapi Asian Games 2023 di Hangzhou, China.

Sejumlah nama-nama atlet Panahan Indonesia akan turut ambil bagian dalam pelaksanaan TC tersebut. Di antaranya Hendra Purnama (peraih medali emas SEA Games Manila), Richard Maulana Irfan (peraih emas PON Papua) hingga Lisnawanto Putra Aditya (atlet pelatnas).

Namun siapa sangka, pada pelaksanaan TC di Turki tersebut, muncul satu nama putra daerah Kalimantan Timur, yang tinggal di Kota Balikpapan. Yakni Muhammad Rafa Abdillah, yang juga bakal mengikuti pemusatan latihan tersebut.

Nama Muhammad Rafa Abdillah mungkin sedikit asing di telinga pecinta olahraga Panahan di Indonesia. Namun remaja yang masih berusia 15 tahun ini, sudah mampu bersaing dengan para seniornya di Tim Panahan Indonesia.

Jebolan atlet seleksi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Jakarta ini saat ini sudah masuk dalam jajaran nama-nama atlet Panahan Indonesia. Bahkan sudah bersaing dalam berbagai kejuaraan, baik nasional maupun internasional.

Baca Juga:   Warga Keluhkan Jargas Mati Total di Kawasan Muara Rapak, Ini Penyebabnya

“Sehari-hari latihan, terus ditingkatkan, bisa memanah lima ratus sampai seribu anak panah,” ujar Rafa saat dihubungin Mediakaltim.com, Jumat (17/3/2023).

Persiapan matang terus dilakukan anak asuh dari Saraswati ini. Mulai latihan angkat beban, renang, gym dan lari. Semua dipersiapkan untuk menghadapi Asian Games Hangzhou 2023 dan Kualifikasi Olimpiade Paris.

“Lari itu bisa lima sampai sepuluh kilometer, angkat beban, renang dan gym. Intinya peningkatan fisik kita,” jelasnya.

Muhammad Rafa Abdillah saat latihan memanah.

Berkaca dari kemampuan dan jam terbang memanah anak terakhir dari 6 bersaudara ini, tak perlu diragukan lagi.

Terbukti saat mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim, Rafa menyabet 1 emas dan 1 Perak. Tak hanya itu bukti keberhasilan remaja berbadan tambun ini, sejumlah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) ia beberapa kali keluar sebagai juara 1.

Untuk itu saat pemusatan latihan ini, Rafa sangat antusias mengikutinya. Pasalnya ia memasang target untuk dirinya agar bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan menyabet juara di Asian Games Hangzhou 2023.

“Target saya di Asian Games naik podium, syukur bisa emas ya. Dan target selanjutnya adalah lolos ke Olympic tahun 2028 mendatang,” tegasnya. (Bom)

Baca Juga:   Dansat Brimob Kaltim Pimpin Upacara Pembukaan Latihan Kemampuan Wanteror
BACA JUGA