spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gara-gara “Bottle Neck”, DPU Balikpapan Lebarkan Drainase di Simpang Dome

BALIKPAPAN – Saluran drainase yang terletak di persimpangan BSCC Dome Balikapapan saat ini sedang dilakukan pengerjaan untuk pelebaran selokan dan sudah berjalan sejak beberapa minggu yang lalu.

Kepala Satuan Kerja (Satker) SKPD TP Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Kaltim, M. Ilyas mengatakan, pelebaran di sisi kiri jalan atau tepatnya di depan Gedung KNPI Balikpapan dilebarkan sekitar 4 meter dan sisi kanan atau depan Dome dilebarkan 2 meter. Sehingga total lebar drainase di kawasan tersebut akan menjadi 17 meter.

“Sekarang kondisi existing terjadi bottle neck-kan makanya kita lebarkan,” ujarnya, Sabtu (5/8/2023).

Lebih lanjut Ilyas menjelaskan, saat ini lebar existing drainase sudah sekitar 11 meter. Dan kontrak pengerjaan peningkatan infrastruktur itu selesai 10 Desember 2023 yang dikerjakan sejak 13 Februari 2023. Perbaikan simpang Dome ini masuk paket long segmen yakni perbaikan jalan, drainase dan penutupan jalan berlubang dengan nilai Rp17 miliar dari APBN.

Menurutnya pendukung utilitas di kawasan itu seperti fiber optik dan lain-lain selalu dikoordinasikan dengan semua pihak, seperti PDAM, PLN, Telkom dan Dishub Kota Balikpapan.

Baca Juga:   Peringati Hari Raya Siwaratri, Personil Hindu Polda Kaltim Laksanakan Persembahyangan

“Sempat mati, tapi namanya dikerjakan jadi wajar saja. Tapi sudah disambung lagi, yang penting saling koordinasi kita. Sudah koordinasi termasuk Pak Dir Lantas Polda Kaltim,” jelasnya.

Ilyas juga menambahkan, traffic light di kawasan itu sempat padam lantaran tersenggol selama pengerjaan infrastruktur. “Tapi langsung ditindak lanjuti Dishub, langsung dipasang lagi. Kalau jembatan kita, tapi kalau utilitas mereka, masing-masing berkompeten,” tambahnya.

Ilyas menerangkan, semua progres pengerjaan infrastruktur sudah berjalan dengan baik, saat ini progress-nya sudah di atas 50 persen dan masih on schedule.

“Ya, pokoknya harapan saya target bulan 11 sudah selesai, tapi kontraknya sampai pertengahan Desember kan. Jadi saya pakai untuk proses serah terima,” tutupnya. (bom)

BACA JUGA