spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peringati HUT Ke-126 Kota Balikpapan, Dicari Warga Berprestasi dan Warga Pelopor

BALIKPAPAN – Kota kita membutuhkan kolaborasi dan sinergi untuk menciptakan nilai yang lebih besar. Antara pemerintah kota dan masyarakat harus terhubung dalam satu kesatuan yang saling menghidupkan dan saling melengkapi. Inilah kekuatan besar Kota Balikpapan dalam menghadapi serangan-serangan disrupsi.

“Karena itu, Balikpapan Kolaborasi, Balikpapan Sinergi menjadi tema Hari Jadi ke-126 Kota Balikpapan,” kata Sekretaris Kota Muhaimin didampingi Ketua Panitia HUT ke-126 Kota Balikpapan Yudhi Saharuddin pada rapat perdana di Kantor Wali Kota, Rabu (04/01).

Wujud kolaborasi dan sinergi dalam membangun kota diapresiasi oleh pemerintah kota dengan memberikan penghargaan kepada masyarakat. Seperti peringatan Hari tahun-tahun sebelumnya, pada peringatan Hari Jadi ke-126, Pemkot Balikpapan kembali membuka kesempatan kepada masyarakat untuk meraih penghargaan atas kontribusinya pada berbagai bidang yang telah memberikan nilai tambah. Penjaringan warga berprestasi dilakukan melalui usulan terbuka kepada panitia seleksi yang sudah dibentuk oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud.

Ketua Panitia Seleksi Dortje Marpaung menjelaskan apresiasi kepada mereka yang lolos seleksi dan dianggap layak menerima penghargaan akan dilakukan saat rapat paripurna memperingati Hari Jadi Kota ke-126.

Baca Juga:   Lanal Balikpapan Beri Pelatihan Nelayan dan Petani Rumput Laut untuk Budidaya Tanaman Vanili

Menurutnya, usulan warga berprestasi dan warga pelopor dapat dilakukan oleh instansi, organisasi masyarakat, atau secara mandiri. Aspek terpenting dari parameter penilaiannya yakni apa yang dilakukan mampu menginspirasi, menggerakkan, dan memotivasi warga lainnya serta memberikan nilai tambah dan berkelanjutan.

“Poin lain yang menjadi nilai tambah yakni mampu mengangkat brand atau ikon Kota Balikpapan di pentas internasional atau nasional. Terkait kriteria prestasi, minimal pada tingkat provinsi di dua tahun terakhir 2021-2022,” jelas birokrat senior yang menjabat Staf Ahli Wali Kota ini.

Dijelaskan, nama calon warga beprestasi atau warga pelopor yang diusulkan dapat disampaikan ke Sekretariat Panitia Hari Jadi Kota melalui Bagian Kerjasama dan Perkotaan Sekretariat Daerah Kota Balikpapan (Kantor Wali Kota Balikpapan) atau mengirimkan softcopy dokumen melalui surat elektronik. “Untuk pendaftaran melalui e-mail, akan kami informasikan lebih lanjut,” tuturnya seraya menambahkan selambatnya dokumen telah dikirimkan pada 18 Januari 2023.

Dortje meyakini bentuk-bentuk kolaborasi dan sinergi dalam membangun kota sangat banyak dilakukan oleh masyarakat. Melalui penjaringan warga berprestasi dan warga pelopor diharapkan kepedulian terhadap kota ini menjadi virus baik yang menular ke masyarakat lainnya.

Baca Juga:   Goresan Indah Komunitas Bahaya Kesandung Hilangkan Kesan Angker di Simpang Rapak

“Perkembangan informasi mengenai penjaringan warga berprestasi dan warga pelopor dapat dimonitor di  media sosial pemerintah kota dan OPD,” pungkasnya. (mk)

BACA JUGA