spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dampak Proyek Senipah-Balikpapan, Pertagas Fokus Perbaiki Fasilitas Umum

BALIKPAPAN – PT Pertamina Gas (Pertagas), Subholding Gas Pertamina, mulai memperbaiki fasilitas umum yang terdampak konstruksi proyek pipa gas, di ruas Jalan Soekarno Hatta.

Ini sebagai tindak lanjut dari rapat koordinasi yang dilakukan Pertagas bersama Pemkot Balikpapan yang dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Rabu (3/5/2023) lalu di Kantor Wali Kota Balikpapan.

Manager Komunikasi, Hubungan Masyarakat, dan CSR Pertamina Gas, Imam Rismanto, mengatakan, Pertagas berkomitmen menindaklanjuti hasil rapat koordinasi yang telah dilakukan melalui upaya perbaikan.

Seperti pengaspalan jalan, perbaikan drainase, penambahan rambu atau pagar pengaman, penambahan personel pengawas, serta perbaikan pengaturan lalu lintas di ruas jalan Kota Balikpapan yang sedang dilakukan konstruksi penanaman pipa gas.

Imam juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan warga Kota Balikpapan dan pengguna jalan serta ucapan terima kasih atas dukungan Pemkot Balikpapan terkait pelaksanaan proyek.

“Selain mengintensifkan perbaikan jalan di Kota Balikpapan, Pertagas juga sedang memperbaiki ruas jalan di wilayah Kecamatan Samboja yang terdampak pekerjaan konstruksi penanaman pipa gas ini,” ujarnya, Jumat (12/5/2023).

Baca Juga:   Momentum Hardiknas, Tingkatkan Kualitas Guru dan Pendidikan

Lebih lanjut, Imam menjelaskan bahwa pipa gas Senipah-Balikpapan ini nantinya akan mendukung peningkatan kapasitas pengolahan dan produksi Kilang Pertamina Balikpapan dengan sumber gas dari wilayah Senipah, Kalimantan Timur, dengan kapasitas maksimal 125 MMSCFD.

“Hal ini sejalan dengan program Pemerintah Indonesia di bidang ketahanan energi nasional dalam mendukung pemerataan energi di kawasan Indonesia bagian timur. Selain itu, pemanfaatan gas bumi sebagai energi juga bersih sejalan dengan program transisi energi guna tercapainya Net Zero Emission pada tahun 2060,” jelas Imam.

Seperti diketahui, dalam pelaksanaan pemasangan pipa gas di sepanjang Jalan Soekarno Hatta, banyak warga dan pengguna jalan mengeluhkan rusaknya badan jalan. Sehingga hal ini menyebabkan kemacetan, khususnya di jam-jam sibuk. (Bom)

BACA JUGA