spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Cuaca Buruk, Polda Kaltim Minta Nelayan Tidak Melaut

BALIKPAPAN – Mengantisipasi terjadinya kecelakaan di laut kawasan Teluk Balikpapan, Dit Polairud Polda Kaltim melakukan sosialisasi dengan cara memasang stiker dan banner di sejumlah kapal dan pelabuhan, Rabu (15/3/2023).

Dir Polairud Polda Kaltim, Kombes Pol Donny Adityawarman mengatakan, pemasangan stiker di sejumlah kapal dan spanduk di beberapa lokasi pelabuhan untuk mengimbau kepada pemilik kapal untuk berhati-hati saat melaut, terlebih dalam keadaan cuaca buruk. Selalu gunakan pelampung, tidak melaut saat kondisi cuaca buruk, serta manfaatkan informasi aplikasi prakiraan cuaca.

“Jaga keselamatan saat berlayar, selalu menggunakan life jaket yang sudah tersedia, jangan memaksakan diri untuk berlayar dalam keadaan cuaca buruk,” ujarnya.

Lebih lanjut Donny Adityawarman menjelaskan, maraknya orang tenggelam dan hanyut akibat cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir inilah yang menjadi salah satu tujuan Dit Polairud Polda Kaltim melakukan sosialisasi, betapa pentingnya keselamatan dalam berlayar.

“Kita ketahui banyak warga Balikpapan yang menjadi nelayan, dan juga menjadi motoris di penyeberangan antara Balikpapan dan Penajam Paser Utara, sehingga anggota Dit Polairud juga selalu memberikan imbauan kepada motoris dan nelayan untuk selalu menggunakan jaket pelampung dalam berlayar,” jelasnya.

Baca Juga:   Pasokan LPG Menurun, Picu Inflasi di Balikpapan

Dengan mematuhi aturan dan imbauan diharapkan bersama dapat menjaga keluarga agar tidak melaut dan berenang di pantai saat cuaca buruk. Patroli laut juga terus dilakukan baik dari Dit Polairud dan Polairud Polres yang berada di wilayah hukum Polda Kaltim guna mengantisipasi kejadian laka laut.

“Mari kita sama-sama menjaga keluarga kita untuk tidak melaut dan berenang di pantai saat cuaca buruk yang dapat mengakibatkan kejadian yang tidak diinginkan,” tutup Kombes Pol Donny Adityawarman. (Bom)

BACA JUGA