spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BPBD Balikpapan Evakuasi Warga Terjebak Material Longsor

BALIKPAPAN – Hujan deras yang mengguyur Kota Balikpapan pada Senin (22/5/2023) menyebabkan terjadinya tanah longsor di beberapa titik, termasuk di kawasan Jalan Blora Dua, RT 33 Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota.

Akibat musibah tanah longsor ini, terdapat 12 warga dari dua rumah yang terisolasi dan harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Salah seorang warga yang sempat terisolasi, Aka Gayasi, mengatakan bahwa dirinya harus melewati material longsor untuk keluar dari dalam rumah dan meminta pertolongan. Di rumahnya terdapat 6 orang yang tidak bisa keluar.

“Ada 6 orang di rumah saya, dan di rumah sebelah juga ada 6 orang yang tidak bisa keluar,” ujarnya.

Petugas gabungan dari BPBD Kota Balikpapan, dibantu oleh jajaran Kepolisian dan relawan kebencanaan Kota Balikpapan, berusaha mengeluarkan warga yang terisolasi dari dalam rumah.

Dengan menggunakan tangga darurat, satu per satu warga yang terisolasi berhasil dievakuasi. Petugas harus berhati-hati dalam proses evakuasi, mengingat di antara 12 warga yang terisolasi terdapat anak-anak dan lansia.

Baca Juga:   PPIH Sita Ratusan Batang Rokok Calon Jamaah Haji Embarkasi Balikpapan

“Ada juga 2 lansia yang dievakuasi, salah satu di antaranya mengalami luka di kaki akibat terkena material longsor,” jelas Kepala UPT BPBD Balikpapan Kota, Nadia Anggraini.

Saat ini, ke-12 warga yang sempat terisolasi berhasil dievakuasi petugas gabungan. Selanjutnya, petugas beserta warga akan membersihkan sisa material longsor yang menutup akses jalan warga. (Bom)

BACA JUGA