spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Balikpapan Raih Adipura Kencana, Abdulloh: Masih Banyak yang Harus Dibenahi


BALIKPAPAN – Kota Balikpapan menjadi satu-satunya yang berhasil meraih Adipura Kencana dalam kategori Kota Besar tahun 2022. Penghargaan itu merupakan capaian tertinggi bagi Kabupaten/Kota yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup inovatif dan berkelanjutan.

Penghargaan diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Siti Nurbaya Bakar kepada Wali Kota Balikpapan, H Rahmad Mas’ud di Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023) lalu.

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh yang hadir dalam penerimaan pengharaag itu, memberikan apresiasinya kepada Pemkot Balikpapan dan seluruh lapisan masyarakat.

“Masyarakat Kota Balikpapan yang saya hormati, Alhamdulliah dari 150 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menerima penghargaan Adipura tahun 2022 dalam berbagai kategori, Kota Balikpapan menjadi satu-satunya kota yang meraih penghargaan Adipura Kencana untuk kategori kota besar,” tulis Abdulloh dalam akun Instagram yang terverifikasi miliknya, Kamis (2/3/2023).

Saat di konfirmasi Abdulloh mengatakan, penghargaan ini merupakan upaya pemerintah pusat untuk mendorong pemerintah daerah dalam membangun partisipasi masyarakat serta mewujudkan kota yang inovatif dan berkelanjutan.

Baca Juga:   Gelar Rapat Paripurna, DPRD Kota Balikpapan Dengarkan LKPJ Realisasi APBD 2022 Pemkot Balikpapan

Kendati berhasil mendapatkan anugerah itu, tidak lantas membuatnya jumawa. Karena menurut Abdulloh, masih banyak yang harus dibenahi di Kota Balikpapan.

“Kami sadar, masih banyak yang perlu dibenahi di Kota Balikpapan yang tercinta ini, sehingga kemudian kelak Balikpapan dapat menjadi kota yang terbaik di Indonesia bahkan dunia,” ujarnya.

Lebih lanjut Abdulloh menjelaskan, lebih lagi Kota Balikpapan saat ini menyandang kota penyangga IKN Nusantara, dimana ia berharap Kota Balikpapan bisa terus menjaga kebersihan lingkungan dengan peran serta masyarakat dan pemerintah.

“Pemerintah tentunya tak bisa bekerja sendirian, masyarakat juga harus busa bekerjasama dalam mewujudkan kebersihan lingkungan. Menjadi penyangga IKN tentunya banyak yang harus kita jaga,” jelasnya.

Ia pun berharap tidak hanya pada sektor kebersihan saja yang dikedepankan, melainkan juga SDM masyarakat Kota Balikpapan juga perlu di tingkatkan. “Yang paling diseriusin adalah peningkatan SDM kita, karena jangan sampai kita menjadi penonton di negeri sendiri,” tutupnya. (ADV/DPRDBalikpapan/Bom)

BACA JUGA