spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pastikan Kesiapan Pilkada 2024, Pj Wali Kota Balikpapan dan Forkopimda Tinjau KPU dan Gudang Logistik Pilkada 2024

BALIKPAPAN – Pj Wali Kota Balikpapan, Ahmad Muzzakir bersama Forkopimda Balikpapan didampingi Ketua KPU Balikpapan, Prakoso Yudho Leleono dan Bawaslu Balikpapan serta pihak terkait lainnya meninjau kesiapan pelaksanaan Pilkada 2024 di Kota Balikpapan, termasuk logistik Pilkada 2024, pada Jumat (4/10).

Pj Wali Kota Balikpapan, Ahmad Muzzakir mengatakan, monitoring ini untuk memastikan kesiapan dan mendiskusikan apa saja yang sudah dilakukan oleh KPU Balikpapan menyangkut tahapan Pilkada 2024, mulai dari jadwal dan pengiriman logistik.

“Dalam pertemuan sebelumnya KPU sudah menyampaikan ada logistik yang sudah tersedia dan ada juga yang dalam pengiriman. Hari ini kita coba liat langsung,” ujarnya.

Lebih lanjut Ahmad Muzzakir menjelaskan, sejauh ini tidak ada kendala berarti yang ditemukan selama persiapan Pilkada 2024 di Balikpapan berlangsung.

“Tidak ada masalah, semua terjadwal dengan baik dan sesuai dengan yang disampaikan oleh KPU dalam ketersedian logistik,” jelasnya.

Sementara itu Ketua KPU Balikpapan, Prakoso Yudho Leleono mengatakan, bahwa persiapan tahapan demi tahapan menjelang Pilkada 2024, yakni sekitar 54 hari lagi, masih ada 2 hal yang perlu dimatangkan, yakni terkait SDM dan infrastruktur logistik.

Baca Juga:   Harapan Besar Presiden Jokowi di Muktamar Pemuda Muhammadiyah

“Kalau SDM sedang proses penetapan KPPS ditambah Linmas. Dimana SDM ini sudah 90 persen. Mudah-mudahan clear tidak ada masalah dalam waktu dekat,” ujarnya.

Sedangkan masalah infrastruktur, yakni terkait logistik gudang dan TPS. Dimana untuk surat suara dan alat bantu disabilitas dan daftar pemilih calon masih dalam proses. Sedangkan lokasi TPS dalam proses penetapan titik lokasi yang pasti setelah terbentuknya KPPS.

“Yang mana penentuan TPS radiusnya tidak terlalu jauh dan tidak di rawan banjir,” tegas Yudho.

Untuk logistik lainnya seperti surat suara, Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan alat bantu mencoblos untuk penyandang tuna netra masih dalam proses pengiriman.

Sedangkan terkait penyimpanan logistik, KPU Balikpapan telah mempersiapkan gudang yang akan menjadi tempat penyimpanan sementara.

“Saat ini, kami sedang menyiapkan gudang untuk menempatkan logistik tersebut. Kami juga sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk kepolisian dan Bawaslu yang akan mengawasi pengiriman dan penyimpanan logistik ini,” tambahnya.

Ditanya kelengkapan logistik Pilkada 2024 kapan akan tiba seluruhnya, Yudho optimis, bahwa seluruh logistik akan tiba secara lengkap pada akhir bulan Oktober 2024. “Insya Allah, akhir Oktober nanti logistik sudah lengkap,” ujarnya.

Baca Juga:   Gelar DEMO, Pertamina Patra Niaga Ajak 200 Mahasiswa Jaga Kedaulatan Energi Di Kalimantan Timur

Penulis: Aprianto

BACA JUGA