spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

18 Sampel Makanan dan Minuman Pasar Ramadan Dilakukan Uji Laboratorium

BALIKPAPAN – Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, memimpin langsung inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar Ramadan yang ada di Kota Balikpapan, pada Selasa (28/3/2023) sore.

Wali Kota Balikpapan didampingi oleh Dinas Kesehatan dan Lokapom Balikpapan untuk memeriksa sejumlah makanan dan minuman yang memiliki penampilan menarik serta warna mencolok.

Dari dua lokasi yang didatangi rombongan, yaitu pasar Ramadan Kebunsayur dan pasar Ramadan Inpres, Dinas Kesehatan dan Lokapom Balikpapan mengambil sampel makanan dan minuman sebanyak 18 jenis.

“Kita turun ke pasar-pasar Ramadan dan memeriksa kualitas kesehatannya ini untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang membeli makanan dan minuman,” ujar Wali Kota Balikpapan.

Rahmad menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini dilakukan setiap tahunnya, karena Pemerintah Kota Balikpapan tidak ingin pada saat bulan Ramadan terdapat penjual atau pembeli yang dirugikan akibat mencampur makanan dengan bahan berbahaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty, mengatakan bahwa makanan dan minuman yang diperiksa adalah yang memiliki warna cerah dan berbau sedap.

Baca Juga:   Ruko di Klandasan Rubuh Bikin Panik Warga, Ini Penyebabnya

“Dari 18 sampel yang sudah kita dan Lokapom lakukan pemeriksaan di tempat, antara lain makanan dan minuman yang warnanya cerah atau mencolok serta makanan yang memiliki wangi tajam,” ujarnya.

Lebih lanjut, Andi Sri Juliarty menjelaskan bahwa dari 18 sampel makanan dan minuman yang diuji di lokasi pasar Ramadan, seluruhnya negatif mengandung pewarna makanan dan boraks.

“Semuanya alhamdulillah bebas dari pewarna makanan dan boraks, artinya pedagang sejauh ini masih baik dan jujur,” jelasnya.

Pemeriksaan makanan dan minuman di pasar Ramadan ini akan terus dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan bersama Lokapom hingga pasar Ramadan berakhir, baik dengan cara terbuka maupun tertutup. (Bom)

BACA JUGA