spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

10 Kepala Dinas di Pemkot Balikpapan Dirotasi, Berikut Daftarnya

BALIKPAPAN– Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud melakukan sejumlah pergeseran atau mutasi Pejabat Tinggi Pratama atau setingkat Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Balikpapan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan di Aula Balai Kota, Senin (3/4/2023). Hadir Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin, perwakilan DPRD Balikpapan, Andi Arif Agung, serta para Kepala OPD lainnya.

Dalam mutasi kali ini, ada 10 pejabat eselon II yang mengalami pergeseran, yakni Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Kota Balikpapan yang semula dijabat Agus Budi Prasetyo, kini diisi Andi Yusri Ramli.

Posisi Agus Budi Prasetyo mengisi posisi jabatan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Balikpapan yang selama ini masih dijabat oleh Pelaksana Tugas.

Hasbullah Helmi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan bergeser menjadi Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Balikpapan.

Posisi Hasbullah Helmi diisi oleh Tirta Dewi sebagai Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Inspektorat Kota Balikpapan, serta Boedi Liliono yang berpindah menjadi Kepala Satpol PP Balikpapan.

Baca Juga:   3 Hari Operasi Patuh Mahakam 2023, Pelanggaran Helm dan Pengendara di Bawah Umur Mendominasi

Untuk jabatan Inspektorat Kota diisi Silvi Rahmadina yang harus meninggalkan jabatan Kepala BPBD Kota Balikpapan. Sedangkan jabatan Kepala BPBD Kota Balikpapan dipercayakan kepada Sutadi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan.

Untuk Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, diisi oleh Elvin Junaedi yang menggantikan Sutadi. Sementara jabatan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan yang ditinggalkan oleh Elvin, diisi oleh Adwar Skenda Putra.

Perubahan jabatan juga terjadi di Sekretaris DPRD Balikpapan yang selama ini dijabat Plt oleh Irvan Taufik, dipercayakan kepada Arfiansyah yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Balikpapan.

10 pejabat di lingkup Pemkot Balikpapan yang baru dilantik untuk mengisi jabatan baru.

Dengan mutasi atau rotasi ini, beberapa posisi kosong, yaitu Kepala Disperkim, Asisten III Administrasi Umum, dan Kepala Kesbangpol. Sementara jabatan yang masih kosong selama ini adalah Kepala Dinas Sosial, DKUMKM, BPPDRD, dan DPU Balikpapan.

Setelah memberikan ucapan selamat kepada mereka yang dilantik, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, menyatakan harapannya agar para pejabat baru dapat menjalankan tugas dan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Pelantikan ini melalui proses dan tata cara prosedur yang berlaku guna mendorong kinerja Pemkot Balikpapan dalam pembangunan dan pelayanan masyarakat.

Baca Juga:   Temukan Dompet dan Kembalikan ke Pemiliknya, Polisi Lalulintas Diganjar Penghargaan

“Saya berharap mereka yang dilantik dapat berperan serta mengarahkan sumber daya yang dimiliki dalam rangka menyukseskan program pembangunan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rahmad menjelaskan bahwa rotasi ini dapat memaksimalkan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada.

“Kita terus berkomitmen untuk meningkatkan tata kelola pemerintah yang efisien, efektif, dan akuntabel, serta aparatur birokrasi yang berintegritas,” jelasnya.

Rahmad juga memberikan pesan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk hidup sederhana sebagai contoh di tengah masyarakat, terutama dalam beberapa waktu ini ketika ASN terus mendapatkan sorotan publik.

“Jadi jaga nama baik pribadi dan Pemkot Balikpapan. Saya juga berharap dengan adanya rotasi ini sebagai penyegaran dan komitmen kita bersama, dan mutasi akan ditinjau perenam bulan. Diharapkan agar kita terus berkolaborasi dan bersinergi memecahkan persoalan-persoalan, karena kita tidak bisa jalan sendiri, tapi saling berdiskusi antar OPD,” tutupnya. (Bom)

BACA JUGA