spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Disputakar Kota Balikpapan Terus Lakukan Inovasi Untuk Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

BALIKPAPAN – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disputakar) Kota Balikpapan sampai saat ini terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kota Balikpapan. Upaya ini meliputi penyediaan fasilitas pendukung yang lengkap dan nyaman untuk
menciptakan lingkungan yang mendorong kebiasaan membaca di kalangan warga.

Kepala Disputakar Balikpapan, Elvin Junaidi mengatakan, ada beberapa langkah yang dilakukan Disputakar Kota Balikpapan, diantaranya adalah pengembangan koleksi buku, baik fisik maupun digital, serta penyediaan ruang baca yang nyaman dan modern.

“Kami sudah memperbarui fasilitas teknologi, seperti komputer dan akses internet, agar pengunjung lebih mudah mengakses informasi,” ujarnya, Senin (21/10).

Lebih lanjut Elvin Junaidi menjelaskan, peningkatan minat baca merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan literasi.

“Perpustakaan harus menjadi tempat yang menarik dan ramah bagi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia. Fasilitas yang kami sediakan diharapkan bisa mendukung aktivitas membaca dan belajar mereka,” jelasnya.

Disisi lain, Disputakar Kota Balikpapan juga mengadakan berbagai kegiatan rutin, seperti diskusi buku, pelatihan literasi, dan acara bedah buku untuk merangsang minat baca masyarakat.

Baca Juga:   Jumat Terakhir Jokowi di IKN

“Pada beberapa tahun terakhir, jumlah kunjungan ke Perpustakaan Kota Balikpapan ini menunjukkan peningkatan, yang menjadi indikator positif bahwa minat baca warga Balikpapan semakin membaik,” tambahnya.

Elvin Junaidi mengaku, dengan fasilitas yang semakin lengkap, Disputakar Kota Balikpapan berharap dapat terus berperan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Balikpapan melalui pembudayaan gemar membaca.

“Dulu, banyak orang menganggap Perpustakaan hanya sebagai tempat untuk membaca buku. Namun saat ini, Perpustakaan telah bertransformasi menjadi sumber informasi yang multifungsi. Kami juga menyelenggarakan kegiatan pendampingan dan pelatihan kewirausahaan,” tegasnya.

Elvin juga menyebut, pentingnya menyediakan fasilitas yang mendukung perkembangan anak-anak, khususnya di usia dini. “Kami juga menyediakan, sarana bermain yang edukatif bagi anak-anak Taman Kanak-Kanak (TK) agar mereka dapat belajar dengan cara yang menyenangkan,” ujarnya.

Berbagai langkah strategis ini, Disputakar Kota Balikpapan berharap dapat menciptakan budaya baca yang kuat di kalangan masyarakat. Dimana pada gilirannya akan meningkatkan kualitas SDM dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia kerja.

Baca Juga:   Jelang Pilkada 2024, Bidhumas Polda Kaltim Antisipasi Black Campaign, Hoaks dan Rasisme

Penulis:Aprianto

BACA JUGA